WhatsApp akan Hadirkan Fitur Hapus Pesan Otomatis

WhatsApp akan Luncurkan Fitur Baru

Sebagai aplikasi chat kekinian, WhatsApp tak henti hentinya melakukan pembenahan dan update pada platformnya. Kabarnya WhatsApp tengah menguji fitur pesan self destruction pada aplikasinya. Fitur tersebut mampu membuat pesan WhatsApp bisa terhapus secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan. Dilansir dari laman Tech Crunch, akun Twitter WABetaInfo menggungkapkan bahwa pembaruan tersebut baru dirilis pada WhatsApp versi beta v2.19.275. Saat ini, WhatsApp sedang menguji fitur dalam pengaturan grup yang mendukung partisipasi dari banyak individu.

Fitur ini memuat pesan yang dapat diatur untuk dihapus secara otomatis setelah lima detik setelah dikirim dan selambat-lambatnya satu jam. Selain itu, gambar yang dibagikan oleh WABetaInfo menunjukkan bahwa administrator grup akan memiliki kemampuan untuk mencegah peserta lain dalam grup dari mengirim pesan teks. Sayangnya masih belum diketahui kapan fitur ini resmi meluncur pada aplikasi.

Sebelumnya fitur ini hadir di Facebook dan Telegram. Telegram menawarkan fitur “obrolan rahasia” di mana pengguna dapat membuat obroloa dimana pesan mereka akan menghilang dari perangkat mereka setelah waktu yang ditentukan. Telegram mengungkapkan bahwa pihaknya tidak menyimpan pesan tersebut di server-nya dan membatasi pengguna untuk meneruskan pesan atau mengambil tangkapan layar dari percakapan, untuk memastikan tidak ada jejak teks.

“Semua obrolan rahasia di Telegram adalah khusus perangkat dan bukan bagian dari cloud Telegram. Ini berarti Anda hanya dapat mengakses pesan dalam obrolan rahasia dari perangkat asalnya. Mereka aman selama perangkat Anda aman di saku Anda, ”jelas Telegram.

Facebook juga menawarkan fitur “obrolan rahasia” pada aplikasi Messenger-nya. Tetapi di sana, fitur obrolan rahasia hanya mengenkripsi pesan end-to-end dan konten media yang dibagikan antara dua pengguna. Di WhatsApp, pesan antar pengguna dienkripsi secara end-to-end secara default.