Waspadai Gejala Serangan Jantung

142

Serangan jantung merupakan kondisi darurat yang terjadi saat pasokan darah ke jantung terhambat secara total, sehingga sel-sel otot jantung mengalami kerusakan. Serangan jantung biasanya disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

Gejala yang muncul biasanya berupa nyeri dada, sesak napas, dan keringat dingin. Jika tidak segera ditangani, serangan jantung bisa menyebabkan kerusakan permanen pada organ tersebut. Bila kerusakan makin meluas, penderita serangan jantung dapat mengalami henti jantung mendadak.

Seseorang dikatakan berisiko tinggi mengalami beberapa macam penyakit jantung di atas jika memiliki salah satu atau beberapa kondisi seperti, Hipertensi, Diabetes,Kolesterol tinggi,Riwayat penyakit jantung dalam keluarga,Berat badan berlebih atau obesitas, serta gaya hidup yang tidak sehat, seperti sering merokok, jarang berolahraga.

Sebagian besar penyakit jantung tidak bisa disembuhkan, sehingga penderitanya perlu menjalani pengobatan seumur hidup. Meski demikian, penyakit jantung dapat dikendalikan agar tidak semakin parah dengan menjalani gaya hidup sehat dan mengonsumsi obat-obatan.

Jika gangguan pada jantung cukup parah, maka mungkin diperlukan operasi jantung. Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan jantung secara rutin ke dokter jantung, terutama bila Anda memiliki faktor risiko untuk terkena penyakit jantung. Tujuannya adalah agar dokter dapat mendeteksi sejak dini bila ada kelainan pada jantung Anda.(*)