Waspadai Ancaman Malware Joker

malware joker

Film Joker saat ini menjadi bahan perbincangan setelah filmnya banyak menuai pro dan kontra . Meskipun tengah ramai karena tengah tayang di bioskop Tanah Air. Rupanya Joker ternyata juga mengincar perangkat Android ditanah air. Malware Joker menjadi ancaman bagi para pemilik perangkat Android. Hal ini ditemukan melalui perusahaan riset keamanan siber dan perangkat CSIS Security. Mereka mendeteksi malware baru yang dinamakan Joker.

Malware ini menyusup ke dalam puluhan aplikasi di Google Play Store. Mengutip CSIC Techblog, Joker konon bisa mencuri pesan SMS, daftar kontak, dan informasi dari perangkat yang terpapar.

Selain itu, malware Joker diam-diam bisa mendaftarkan pengguna aplikasi untuk berlangganan layanan premium. Puluhan aplikasi dikabarkan sudah terunduh lebih dari 400 ribu kali.

“Joker berinteraksi dengan website iklan-iklan untuk menghasilkan klik palsu dan mendaftar layanan premium tanpa sepengetahuan korban,” jelas analis malware CSIS Security Aleksejs Kuprins.

Dalam laporannya, CSIS Security mendeteksi bahwa Joker berhasil masuk sedikitnya di 37 negara. Meski tidak menyebutkan daftar aplikasi apa saja yang telah disusupi, menurut Kuprins, Google telah mendeteksi dan menghapus aplikasi-aplikasi yang terindikasi mengandung virus.