Tips Sehat dan Bugar saat Musim Hujan

10

Saat musim hujan, ada orang yang menyukainya sebagai waktu untuk santai di tempat tidur membaca buku dan mendengarkan rintik hujan di luar, namun ada juga yang merasa sumpek dan bosan saat terjebak hujan. Cuaca tidak menentu di musim hujan membuat kita rentan sakit dan imun atau kekebalan tubuh kita menurun. Sistem imun dan sel-sel darah putih bekerja sama untuk melawan infeksi. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk meningkatkan jumlah sel darah putih dan leukosit yang tergabung dalam sistem imun tubuh.

Akibatnya tubuh juga merasakan dampaknya, disebutkan bahwa sistem imun tubuh ikut menurun saat musim hujan. Tubuh juga menjadi tidak nyaman karena cuaca yang dingin. Walaupun begitu, Ands bisa menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Walau hujan turun, bukan berarti Anda bisa beralasan untuk tidak olahraga. Olahraga bisa dilakukan di mana saja, bahkan di dalam ruangan sekalipun. Anda bisa melakukan yoga atau senam dan bisa dengan melihat video tutorial. Bahkan tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan peregangan hingga HIIT (high-intensity interval training).
Tak hanya fisik atau tubuh, otak juga memerlukan olahraga. Saat hujan turun dan sedang tidak mood untuk latihan fisik, Anda bisa mengolahragakan ‘otak’ saja.

Selain itu, sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa bersosialisasi, misal bertemu dengan kawan-kawan di luar, bisa membantu tubuh jadi lebih hangat. Para peneliti dari University of Toronto mengungkapkan bahwa mengisolasi diri dari kegiatan sosial membuat diri Anda terasa lebih dingin ketimbang jika Anda bersosialisasi dan menghabiskan waktu bersama-sama orang tercinta bisa membuat tubuh lebih hangat, meningkatkan mood, dan membuat tubuh makin sehat.

Disaat cuaca sedang dingin jangan biarkan diri tidur dalam keadaan tidak hangat. Persiapkan selimut tebal untuk menghangatkan diri atau malah bisa menghangatkan bantal dengan menaruh kompres berisi air hangat di bawah bantal. Kemudian, pastikan saat tidur Anda menggunakan piyama panjang yang kering dan bersih serta kaus kaki tebal agar tidak kedinginan.(*)