Tips Sahur Pertama di Bulan Ramadhan, Perhatikan Nutrisi agar Kuat menjalani Puasa

14
Tips Sahur Pertama di Bulan Ramadhan

BERANDARAMADHAN – Mengawali puasa pertama di bulan suci Ramadhan, Pastinya ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk memastikan agar kondisi tubuh tetap prima dalam berpuasa, dan yang terpenting adalah Sahur.

Untuk beradaptasi, tubuh butuh menyesuaikan dengan kondisi sebelumnya. Jangan berprinsip ‘asal kenyang’ saat sahur, melainkan ikuti tips berikut agar tubuh tetap fit dan kuat puasa seharian.

Menu sahur harus bergizi lengkap dan seimbang
Menjalani awal puasa di bulan Ramadhan, tubuh kita perlu mengkonsumsi karbohidrat saat sahur. Alasannya adalah agar kenyang lebih lama, disarankan untuk memilih karbohidrat kompleks seperti roti, gandum, nasi merah, havermut atau oatmeal.

Selain sumber karbohidrat kompleks, hal yang tidak boleh dilupakan saat sahur adalah asupan protein, terutama protein rendah lemak seperti dada ayam tanpa kulit, ikan, telur, tahu ataupun tempe. Protein tersebut nantinya juga akan membuat perut terasa kenyang lebih lama, karena protein butuh waktu cerna yang lebih lama dari karbohidrat. Sayur dan buah juga sangat penting untuk memastikan kebutuhan akan vitamin serta mineral dalam tubuh bisa terpenuhi selama berpuasa. Selain itu makanan berserat sama halnya dengan karbohidrat dan protein, mereka bisa membuat kenyang lebih lama.

Hindari Makanan Berminyak
Disarankan untuk mengkonsumsi sup, tumis, tim, pepes atau panggang sebagai cara masak menu sahur, meskipun makanan yang digoreng memang lebih mudah dan sering jadi favorit banyak orang. Makanan yang digoreng cenderung mengandung lemak yang tinggi, dan hal tersebut dapat memperlambat pengosongan lambung sehingga memungkinkan terjadinya reflux atau ‘asam lambung’ yang tentunya akan menganggu kenyamanan berpuasa.

Minum Air Secukupnya
Minum sekitar 2 sampai tiga gelas pada waktu sahur, konsumsi air dalam jumlah yang tepat saat sahur akan membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan selama berpuasa. Perlu diingat bahwa seharinya manusia butuh 2 liter air atau setara dengan 8 gelas.

Semoga bermanfaat. (*)