Tips Merencakan Karir di Tahun Baru

150

Jelang Tahun Baru tentunya Anda telah memiliki rencana untuk menatap karir yang lebih baik, sebuah penelitian dari Fiverr dan YouGov menyatakan, terdapat 6 dari 10 pekerja Amerika Serikat yang ingin mengubah sesuatu tentang pekerjaan mereka di tahun baru. Beberapa dari mereka ingin mengubah karier mereka, baik industri, lokasi pekerjaan, atau gaji.

“Ketika kita memasuki tahun baru, penting bagi semua orang untuk mempertimbangkan peluang yang ada. Yang mungkin tidak dimiliki pada tahun lalu,” ungkap Kepala Pemasaran di Fiverr, Gali Arnon, seperti dikutip Forbes :

Jika Anda juga ingin mengubah karier pada tahun berikutnya, simak 5 cara jitu di bawah ini:

1. Ambil Langkah ke Belakang

Jika Anda mempertimbangkan untuk mengubah karier, Anda harus bertanya kepada diri sendiri alasan dibaliknya. Kemudian, ambil langkah mundur untuk memahami motivasi atau alasanmu.

Apakah alasannya karena tidak suka dengan atasan? Tidak nyaman dengan pekerjaan? Cobalah ambil keputusan yang baik, tanpa didasarkan oleh rasa takut.

Anda juga harus memastikan bahwa karier masa depan selaras dengan keinginan, nilai, dan prioritas kehidupan.

2. Pertimbangkan Pekerjaan Lepas (Freelance)

Studi dari Fiverr dan YouGuv juga mengungkapkan, banyak korespondennya yang bekerja freelance. Pasalnya, pekerjaan lepas itu sangat cocok dan disukai oleh para korespondennya.

Mungkin Anda harus mencoba hal itu jika pekerjaan lepas sangat cocok. Apalagi pekerjaan lepas bisa dilakukan dari jarak jauh.

3. Mulai Bangun Usaha

Apakah menjadi seorang pengusaha muncul dalam pikiranmu? Jika ya, Anda mungkin harus memulainya dengan hal terkecil lebih dahulu.

Anda bisa saja berjualan kecil-kecilan, seperti makanan ringan, pulsa, atau bahkan parfum. Dari situ, Anda bisa melihat hasilnya. Jika memuaskan dan cocok denganmu, Anda berarti memiliki potensi untuk mengubah karier menjadi seorang pengusaha.

4. Belajar Dengan Orang yang Lebih Ahli

Anda dapat belajar dengan orang yang lebih ahli mengenai pekerjaan. Meniru atau melihat orang yang lebih ahli dapat menimbulkan ide-ide cemerlang dalam diri.

Mendapat saran atau perspektif dari luar bisa sangat membantumu untuk memutuskan mengubah karier.

5. Tunjukkan Personal Brand Anda

Jika memutuskan untuk mengubah karier, Anda harus menunjukkan diri kepada dunia.

Perbaruilah CV-mu, perbarui status media-media sosial milikmu. Karena tahun baru adalah waktu yang ideal untuk menunjukkan eksistensi diri.

Tonjolkanlah dirimu yang sebenarnya, dirimu adalah kombinasi unik dari keterampilan dan pengalaman yang tidak sama dengan manusia mana pun.

Personal Branding sangatlah penting, sebab menurut surver CareerBuilder, sebanyak 60% para rekrutmen melihat jejaring media sosial para pelamarnya. Dengan mengelola personal branding dengan baik, Anda dapat menonjol daripada pesaingmu lainnya.

Jika Anda berencana untuk melakukan perubahan karier, tahun baru adalah momen yang tepat untuk merefleksikan 12 bulan terakhir. Oleh karena itu, pikirkan secara matang-matang ya!