Tips menyenangkan merayakan Lebaran Dirumah

187

Lebaran tahun ini akan terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya Meski merayakan Lebaran #dirumahaja, tak perlu cemas, sebab momen ini seharusnya tetap bisa terasa spesial.

Berikut tips agar Idul Fitri bersama keluarga di rumah bisa menyenangkan.

Beri pemahaman kepada anak soal virus corona
Saat kegiatan belajar anak dipindah dari sekolah ke rumah, Anda mungkin sudah memberikan penjelasan terkait virus corona. Nah, sebelum hari Lebaran tiba, tak ada salahnya bila Anda kembali menjelaskan kondisi saat ini pada anak. Misalnya saja, memberikan pengertian bahwa Lebaran tahun ini kita tidak akan kemana-mana, karena masih berupaya mencegah penularan virus corona.

Jelaskanlah dengan bahasa yang sederhana, bahwa kondisi inilah yang membuat Anda dan keluarga harus menahan diri untuk tidak mudik atau bertemu kakek dan nenek si kecil serta saudara lainnya. Dengan begitu, harapannya anak Anda bisa berlapang dada dan tetap bahagia merayakan Lebaran #dirumahaja.

Salat id berjemaah dirumah
Salat id di rumah ternyata bisa jadi pengalaman baru yang bisa semakin meningkatkan bonding antara Anda dan anggota keluarga di rumah. Untuk memimpin salat id, Anda bisa meminta ayah melakukannya. Bila ini adalah pengalaman pertama ayah jadi imam salat id, tak ada salahnya mencari informasi terlebih dahulu tentang tata caranya dari sumber terpercaya. Setelah melaksanakan salat id, jangan lupa untuk saling bermaaf-maafan.

Makan bersama
Setelah sebulan penuh berpuasa, kini di hari raya Idul Fitri saatnya Anda bisa menikmati hidangan di pagi hari. Agar suasana hari raya tetap terasa di rumah, Anda bisa menyajikan menu khas Lebaran, seperti ketupat, rendang, atau opor ayam. Dengan menyantap sajian khas Lebaran, momen hari raya idul fitri di rumah pasti akan tetap terasa menyenangkan.

Silaturahim dengan Video call
Di Lebaran tahun ini, Anda tak bisa langsung bertatap muka dengan sanak saudara. Meski begitu silaturahmi tetap harus dilakukan. Berkat kemajuan teknologi, kini Anda bisa bersilaturahmi secara virtual menggunakan video call. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan, mulai dari WhatsApp, Zoom, hingga Google Meeting.

Kompak pakai baju Lebaran seragam
Meski hanya di rumah aja, tak ada salahnya untuk tetap bergaya kompak dengan anggota keluarga menggunakan busana kembar atau yang warnanya senada. Tentukanlah warna dan motif yang keluarga Anda sukai. Karena hanya di rumah, gunakanlah pakaian yang nyaman dan tak perlu dilengkapi dengan aksesoris berlebihan. Kemudian, jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut dengan foto sebagai kenang-kenangan.