Tips menurunkan Berat Badan tanpa mengurangi Daya Tahan Tubuh

134

Saat menjalankan puasa ditengah pandemi virus corona ini, kita tetap bisa menjalankan diet untuk penurunan berat badan sekaligus bagaimana menambah daya tahan tubuh.

Berikut tips diet saat puasa yang efektif:

1. Jangan Lewatkan Makan Sahur
Kita perlu sahur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita supaya maksimal, jadi jangan malas bangun untuk sahur. Kebutuhan protein, vitamin, dan mineral sangat penting banget untuk dipenuhi di masa menghadapi pandemik corona ini.

2. Jangan Banyak Makan Karbohidrat
Jadi pada waktu sahur karbohidrat tidak perlu banyak, tapi pilih yang karbohidrat kompleks (misalnya nasi merah, roti gandum, havermut, dan lainnya). Masalahnya karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSPB) ini, nasi merah tidak ada. Jangan bingung, kita bisa saja memilih nasi putih.

Supaya penyerapannya jadi lebih lama, kita tambahkan sayur yang banyak. Kentang juga bisa sebagai sumber karbohidrat. Supaya penyerapannya jadi pelan, kentang tersebut dapat kita cuci bersih, terus kita masak, bisa direbus kemudian ditumis kasih bumbu-bumbu atau dipanggang, lalu dimakan dengan kulitnya.

3. Pilih Protein Rendah Lemak
Untuk sumber protein, kita bisa milih yang rendah lemak, misalnya dada ayam buang kulit, telur (kuningnya kita batasi 1 per hari atau 2-3 kuning telur per minggu, tergantung kondisi kesehatan kita), ikan, daging (pilih yang rendah lemak), tahu, tempe, kacang-kacangan, dan lainnya.

4. Konsumsi Sayur dan Buah
Sayur dan buah jangan lupa untuk dikonsumsi. Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral. Sayur dan buah dikonsumsi secara bervariasi, sehingga kebutuhan kita akan vitamin dan mineral dapat terpenuhi.

5. Hindari Makanan yang Digoreng dan Santan
Kita butuh makanan yang bergizi lengkap dan seimbang saat ini. Nah cara masak hindari yang digoreng, hindari juga santan. Makanan dan minuman yang mengandung gula juga kita hindari.

6. Penuhi Kebutuhan Cairan 8 Gelas Per Hari
Kebutuhan cairan perlu kita penuhi ya, kebutuhan kita akan cairan sekitar 8 gelas per hari, jadi bisa saja kita minum 2-3 gelas di waktu sahur, sisanya kita konsumsi pada waktu buka.

Hindari minuman yang mengandung kafein, misalnya teh, kopi, dan lainnya. Kafein bersifat diuretik yang dapat meningkatkan buang air kecil. Nah, tidak ada salahnya juga kita buat makanan dalam bentuk sup. Sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan kita.

7. Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis Saat Buka Puasa
Pada waktu buka puasa, kita dapat mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, tapi jangan berlebihan. Minuman atau makanan yang manis akan membantu kita mengembalikan energi kita dengan cepat.

Tapi kalau berlebihan, berat badan kita susah turun, bahkan bisa saja jadi naik. Nah makanan yang kita konsumsi tetap pemilihannya sama dengan makanan yang kita konsumsi pada waktu sahur. Tetap bergizi lengkap dan seimbang.

8. Olahraga
Tips diet saat puasa lainnya yakni olahraga rutin. Olahraga rutin perlu kita kerjakan seperti jalan cepat, jogging, sepeda statis 30 menit 3-5 kali dalam seminggu. Olahraga dapat dikerjakan di rumah saja, misalnya di taman, bolak-balik di dalam rumah juga bisa dilakukan.

Kita juga dapat menambah latihan otot (resistant training) sehingga otot kita juga tetap terjaga. Latihan otot dapat kita kerjakan juga di rumah, dengan beban yang ada di rumah atau bisa saja dengan menggunakan beban badan kita.