Tips mengatasi Kantung Mata

132

Usia sudah pasti mempengaruhi tubuh termasuk kesehatan kita. Seperti munculnya kantung mata. Jaringan di sekitar mata, termasuk beberapa otot yang menyokong kelopak mata melemah seiring kita menua, membuat lemak berpindah ke kelopak bawah, membuatnya terlihat bengkak.

Penyebab munculnya kantung mata, yakni retensi cairan khususnya setelah bangun tidur atau makan makanan asin, alergi, merokok, keturunan, dan juga kurang tidur.

Di bulan Ramadhan ini, mungkin Anda jadi akan menjadi kurang tidur karena jadwal yang berubah. Anda tak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi si kantung mata membandel.

1. Kurangi asupan garam
Mengurangi asupan garam dapat membuat Anda berisiko alami retensi cairan dan membuatnya mengarah ke bagian-bagian tubuh yang memiliki kandungan sodium lebih banyak. Saat berbuka puasa maupun sahur, usahakan mengurangi makanan yang mengandung banyak garam.

2. Ubah posisi tidur
Tidur menyamping atau tengkurap bisa menambah ketebalan kantung mata. Hal ini disebabkan gravitasi membuat cairan berkumpul di bawah mata, yang membuatnya bengkak. Anda bisa mencoba tidur telentang dan menambahkan bantal ekstra di bawah kepala Anda.

3. Cuci wajah sebelum tidur
Baik pria maupun wanita, sangat penting untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum tidur. Khususnya pada wanita yang mengenakan riasan, hapus sampai bersih karena bisa membuat mata berair dan menyebabkan kantung mata di pagi hari.

4. Lindungi mata dari sinar matahari
Saat berpuasa mungkin beberapa dari kita lebih memilih berada di dalam ruangan. Akan tetapi saat kita keluar dan matahari sedang terik-teriknya, bisa membuat kulit di sekitar mata melorot atau keriput. Anda bisa menggunakan tabir surya, kacamata hitam atau topi untuk melindungi wajah dari sinar matahari yang jahat.

5. Berhenti merokok
Merokok adalah salah satu alasan lain yang bisa menyebabkan kulit kering dan membuatnya kendor. Mumpung bulan puasa, tidak ada salahnya Anda mencoba berhenti merokok dan kantung mata bisa menghilang secara perlahan.