Tips Mengatasi Iklan yang Mengganggu ketika sedang Browsing

Browsing di internet sudah menjadi aktivitas favorit yang kita lakukan sehari-hari baik untuk keperluan komunikasi maupun untuk menyelesaikan tugas sekolah, kuliah, pekerjaan kantor, usaha, dan untuk sekadar mencari informasi hiburan. Namun, ketika kita sedang asyik berselancar, seringkali muncul iklan yang menghalangi sehingga terasa mengganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut dua cara mengatasi ponsel banyak iklan di Android Anda

1. Via Browser Chrome

Browser Google Chrome menjadi salah satu software favorit di internet karena kecepatan dan fitur yang dimilikinya. Jika Anda sering menggunakan browser Google Chrome untuk berselancar di ponselmu, Anda bisa menggunakan pengaturan untuk menghilangkan iklan yang dirasa mengganggu di hp Androidmu.

Caranya, buka aplikasi Google Chrome dan klik tiga titik vertikal yang ada di sisi kanan atas, kemudian pilih menu Setelan Google Chrome (setting). Selanjutnya di bawah ada menu Setelan Situs (Site Settings), lalu klik Pop-up dan Pengalihan (Pop-ups and Redirects). Kemudian geser tombol bulat (dicekal) dan blokir iklan pop-up hingga menjadi abu-abu (menandakan iklan tidak muncul lagi di browser Google).

Untuk memblokir iklan di situs tertentu, caranya klik di pilihan bawah setelah Pop-up dan Pengalihan (Pop-ups and Redirects) yaitu opsi Iklan (Ads), kemudian geser tombol bulat (dicekal) dan blokir iklan pop-up hingga menjadi abu-abu (menandakan iklan sudah terblokir).

Untuk menghilangkan notifikasi dari situs tertentu yang dirasa mengganggu, caranya di menu Setelan Situs (Site Settings), pilih menu Notifikasi (Notification). kemudian geser tombol bulat (dicekal) dan blokir notifikasi hingga menjadi abu-abu (menandakan notifikasi sudah dimatikan).

2. Via Aplikasi

Jika ponsel Android Anda tidak menggunakan browser Google Chrome, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pengaturan untuk menghilangkan iklan yang dirasa mengganggu di ponsel android. Salah satu aplikasi yang dikenal untuk menghilangkan iklan di ponsel Android yaitu Adguard.

Adguard mampu memblokir iklan di semua situs dan tidak memerlukan root. Kelebihan lainnya, Adguard bisa menghemat bandwith, melindungi ponsel dari segala jenis pelacakan online dan web phising.

Cara menghilangkan iklan yang dirasa mengganggu di ponsel android yaitu dengan mengunduh aplikasi Adguard Content Blocker di Google Play Store atau via situs Adguard gratis untuk menghilangkan iklan di browser. Adguard juga bisa membantumu menghilangkan iklan di aplikasi lainnya, hanya untuk versi ini berbayar.

Itu adalah dua cara mudah mengatasi ponsel banyak iklan. Sebagai info tambahan, adanya iklan pop-up yang sering muncul secara tiba-tiba bisa juga menandakan smartphone Anda terserang malware, terlebih jika Anda sering mendapat notifikasi peringatan adanya virus. Untuk itu, alangkah lebih baiknya meluangkan waktu untuk memeriksa aplikasi dan fitur di dalamnya, lalu menonaktifkan dan memblokir aplikasi atau fiturnya yang tidak perlu atau berpotensi sebagai virus.