Tips memilih Sepatu Formal bagi Pria Kantoran

Tips Memilih Sepatu Formal

Menjaga penampilan bagi pria kantoran memang sangatlah penting karena menyangkut karisma dan wibawa saat bekerja. Salah satu hal yang menjadi perhatian pria dalam mempersiapkan penampilan terbaiknya adalah pemilihan sepatu. Meskipun sepatu digunakan di bagian kaki, namun kesalahan dalam memilih sepatu yang dikenakan bisa jadi penyebab penampilan Anda kurang memukau.

Maka dari itu, saat memilih sepatu formal kerja Anda perlu lebih teliti, entah pada spesifikasi hingga model sepatu tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika harus memilih sepatu untuk bekerja.

Bahan Sepatu

Bahan Sepatu

Ada berbagai jenis bahan yang digunakan untuk membuat sepatu pria, termasuk sepatu formal. Bahan suede adalah bahan eksotis yang dibuat dari berbagai kulit hewan, seperti buaya. Sedangkan glossy leather adalah salah satu bahan dengan ciri khas mengilap, dan aman untuk digunakan sebagai sepatu kerja. Bahan sepatu sangat berperan penting, sehingga hal pertama yang perlu Anda cek adalah kualitas dari bahan tersebut.

Sol

Sol

Bagian bawah sepatu disebut sol, di mana bagian ini sering menentukan ketangguhan dari sepatu yang Anda pilih. Sol sepatu yang baik tidak hanya menggunakan lem saja, tapi dengan menggunakan teknik jahitan bahkan setelah menggunakan lem. Hal ini dikarenakan kekuatan sol sepatu sangat menentukan seberapa kuat sepatu Anda bisa digunakan dalam berbagai kondisi, misalnya saat hujan maka sol sepatu Anda kemungkinan besar akan terkena air. Maka, lem pada sol sepatu tersebut akan mudah terbuka, berbeda jika dijahit yang lebih kuat.

Pemilihan warna sepatu juga penting karena bisa memengaruhi keselarasan penampilan Anda secara menyeluruh. Jika Anda senang dengan warna yang aman, maka pilihlah sepatu warna hitam atau biru dongker karena mudah dipadu-padankan dengan pakaian kerja warna lain.

Tali Sepatu

TaliSepatu

Jenis oxford, loafer atau slip on, dan boots adalah jenis sepatu formal yang populer di tengah masyarakat. Jenis oxford menjadi salah satu jenis sepatu bertali yang paling banyak dipilih oleh pria saat bekerja. Sebab sepatu formal dengan tali sangat serasi jika digunakan dengan jas daripada jenis slip on atau loafer.

The Toe

Toe

Ujung sepatu disebut dengan toe, biasanya berbentuk bulat, runcing (elips) atau persegi. Jika Anda ingin menampilkan kesan berkelas dan rapi, maka pilihan toe berbentuk bulat atau elips menjadi pilihan yang tepat.

The Welt

TheWelt

Selain toe, Anda harus memerhatikan celah antara bagian atas sepatu dengan bagian sole. Di mana sepatu yang berkualitas memiliki jarak welt yang cukup dekat, namun masih ada sedikit jarak di antaranya.

Broguing

Broguing

Saat memilih sepatu formal, beberapa pria mungkin menyukai hiasan yang ada di ujung sepatu sebagai pemanis. Hiasan ini disebut broguing, di mana bisa berupa jahitan dekoratif atau berupa lubang. Sebenarnya broguing tidak menentukan apakah sepatu formal Anda berkualitas atau tidak, hanya saja sepatu dengan sedikit sentuhan broguing sangat cocok untuk dijadikan sepatu formal untuk ke kantor.

 

Sumber: magazine.job-like.com