Tips Berbelanja Sepatu di Toko Online dengan Nyaman

246

Berbelanja online memiliki keunggulan dibanding harus ke toko untuk memilih produk yang ditawarkan. Selain Anda bisa berbelanja dengan sangat praktis, Anda pun bisa menikmati pilihan sepatu yang lebih tidak terbatas lagi. Nah, bagaimanapun juga, berbelanja online itu berbeda dengan membeli sepatu langsung di tokonya. Ini karena Anda bisa memperhatikan foto dan deskripsi produknya saja, ketika mengunjungi toko online tersebut. Namun, tenang saja, Anda tetap bisa, kok, membeli sepatu dengan aman dan nyaman.

Sebelum Anda melakukan pemesanan di online shop sebaiknya Anda mengikuti langkah langkah berikut ini :

Belanja di Toko Online yang Memberikan Fitur Perbesar Foto
Salah satu tantangan terbesar belanja sepatu online yaitu, Anda mungkin lebih sulit melihat fotonya, yang menunjukkan detail rancangan desain sepatunya. Anda perlu benar-benar teliti saat memperhatikan kualitas sepatu tersebut, untuk mengetahuinya secara akurat. Apalagi, Anda juga perlu melihat dengan jelas seperti apa finishing desain sepatu yang akan Anda beli. Inilah mengapa Anda perlu memperhatikan foto sepatunya dengan amat teliti. Jadi, Anda perlu mencari toko online yang memajang foto produk yang bisa di-zoom atau diperbesar.

Anda pasti juga sudah pernah melihat-lihat barang di toko online, meskipun bukan sepatu. Anda pun tahu bahwa rata-rata toko online memang memberikan fitur untuk memperbesar foto produknya tersebut. Tujuannya memang supaya pembeli bisa lega saat mengamati produknya dari dekat, secara jelas. Lagipula, dengan memperbesar image, Anda jadi bisa memperhatikan model sepatu tersebut dari berbagai sudut, mulai depan sampai belakang. Anda pun dapat melihat warna dan tekstur dari material yang dipakai untuk membuat sepatu, lalu sehalus apa jahitannya, serta finishing-nya.

Cari Foto Sepatu yang Dikenakan Oleh Model
Artinya, akan lebih baik jika Anda mencari foto sepatu yang dipakai oleh seorang model. Ini lebih membantu Anda untuk mengetahui seperti apa kelihatannya sepatu tersebut saat dikenakan. Memang benar, Anda tidak wajib mencari tahu tentang hal ini. Artinya, meskipun foto sepatu tersebut tidak dikenakan oleh seorang model, Anda tetap bisa memperhatikan detail sepatunya juga. Akan tetapi, Anda memang hanya bisa membayangkan seperti apa sepatunya saat dikenakan di kaki, bagaimana kelihatannya.

Kelebihannya kalau ada foto sepatu tersebut sedang dikenakan oleh model, maka Anda bisa langsung tahu seperti apa kelihatannya saat sepatunya dipakai. Kira-kira, bagaimana kelihatannya saat Anda sendiri yang memakainya, apakah Anda akan menyukainya atau tidak. Nyamankah Anda ketika mengenakan model sepatu tersebut? Jika misalnya di toko online tersebut tidak ada foto sepatu yang dipakai model, tidak apa-apa. Coba luangkan waktu untuk mencari fotonya di website resminya, atau di toko online lainnya, sekedar untuk referensi. Ini akan sangat membantu Anda dalam membeli sepatu.

Mulai dengan Mengukur Kaki Secara Akurat
Jadi, sebelum Anda benar-benar membeli sepatu, tentu saja hal penting yang harus Anda lakukan yakni mengetahui ukuran kaki Anda sendiri. Coba perhatikan dengan seksama. Jika perlu, Anda bisa mengukurnya dengan menggunakan alat pengukur. Dengan begini, Anda bisa mengetahui secara detail tentang ukuran panjang kaki Anda. Ada trik mudah yang bisa Anda coba, untuk mengukur kaki Anda sendiri. Anda pun bisa melakukannya dari rumah saja. Langkahnya, Anda letakkan kaki Anda dengan posisi mendatar di atas kertas putih, kemudian gunakan pensil untuk menggambar mengikuti lekukan kaki Anda.

Jika sudah, Anda akan mendapatkan gambar kaki Anda di atas kertas tersebut. Dengan begini, Anda pun jadi bisa lebih mudah untuk mengukur panjang kaki dari ujung ibu jari hingga tumit, dari yang paling depan sampai belakang. Kebanyakan orang punya ukuran kaki yang berbeda antara kanan dan kiri. Jadi, akan lebih baik bila Anda mengukur keduanya secara bergantian. Ini memudahkan Anda untuk mengetahui ukuran sepatu yang paling pas dari setiap brand, karena biasanya ukurannya itu berbeda. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengamati conversion chart atau informasi tentang ukuran sepatu tersebut pada chart.

Mengecek Ukuran Sepatu Berdasarkan Brand-nya
Seperti yang kita tahu bahwa sepatu berbeda ukurannya untuk setiap brand. Artinya, tiap brand mendesain sepatu dengan ukuran yang tidak sama seperti brand lainnya. Maka dari itu, coba tentukan dahulu, Anda ingin mencari sepatu dengan model seperti apa. Apakah itu sepatu kasual, sepatu kerja, atau mungkin sepatu olahraga? Setelah itu, coba perhatikan brand sepatu yang sekiranya akan Anda beli tersebut. Perhatikan deskripsi produknya terutama untuk ukurannya.

Toko online biasanya menyediakan berbagai brand sepatu yang berbeda, dengan ukuran yang tidak sama pula. Nah, Anda coba perhatikan chart ukuran sepatunya dengan seksama. Namun, jika ingin mengetahui ukurannya dengan lebih detail dan akurat, Anda bisa mengunjungi website resmi sepatu tersebut. Kalau di website resminya, biasanya akan ada keterangan yang akurat dan lebih detail tentang ukuran sepatunya. Jadi, berapa panjang sepatu tersebut dalam mm atau cm, Anda bisa mengetahuinya dengan lebih detail lagi.

Beli Brand Sepatu yang Sudah Pernah Anda Coba
Mencoba brand sepatu yang baru itu boleh-boleh saja. Apalagi, kalau Anda ingin mencoba bereksperimen dengan model sepatu unik, yang tersedia dari brand selain langganan Anda. Namun, kadang memang Anda tidak akan bisa mendapatkan kenyamanan yang seperti biasanya, ketika Anda mengenakan sepatu dengan brand kesukaan Anda. Ini soal selera saja sebenarnya. Sebab, biasanya kalau kita sudah memiliki satu brand kesukaan, maka kita akan lebih sering membeli produk brand tersebut. Hal tersebut tidak lain karena kita sudah merasa nyaman dengan sepatu brand itu.

Jadi, kalau Anda ingin mencoba beli brand sepatu lainnya, namun muncul perasaan ragu, sebaiknya Anda memilih brand yang biasanya Anda beli saja. Anda sudah familiar dengan sepatunya, materialnya, kemudian kualitasnya juga. Anda juga tidak asing lagi dengan kisaran harga sepatunya. Dengan begini, Anda juga jadi lebih mudah mendapatkan ukuran sepatu yang cocok dengan kaki Anda. Anda pun bisa mendapat sepatu yang terasa pas dan nyaman Anda kenakan di kaki.

Beli Sepatu yang Lebih Murah Jika Baru Pertama Kali Beli
Pasti selalu ada pertama kali untuk segalanya, termasuk membeli sepatu di toko online. Jika ini pertama kalinya Anda belanja sepatu secara online, maka Anda bisa mencoba mencari yang harganya murah saja. Sebagai awal mula, anggap saja ini sebagai percobaan Anda untuk belanja sepatu yang ada di toko online pilihan Anda. Sebab, sebagus-bagusnya brand sepatu tersebut, dan seterpercaya apapun toko online-nya, tetap ada kemungkinan Anda akan merasa terkejut saat ternyata sepatu aslinya tidak seperti yang Anda bayangkan saat melihat fotonya.

Nah, daripada merasa lebih kecewa lagi, Anda bisa berbelanja dengan lebih bijak. Caranya yakni Anda membeli sepatu yang modelnya Anda suka, tapi beli saja yang harganya lebih murah. Lagipula, ini seperti belanja percobaan untuk mengetahui apakah brand tersebut menyediakan produk sepatu yang memang cocok dengan selera Anda. Kalau memang sudah cocok, nanti saat belanja sepatu berikutnya Anda bisa membeli sepuasnya. Mau beli dua atau tiga pasang sepatu juga boleh, karena Anda sudah tahu betul seperti apa kualitas produknya dan juga harganya.

Belanja Sepatu Online Paling Nyaman dan Menguntungkan
Jika Anda baru kali ini akan mencoba membeli sepatu secara online, tidak perlu galau. Anda bisa membelinya dengan aman dan nyaman, kok. Apalagi, jika sepatu yang Anda beli tersebut merupakan produk brand yang sudah terpercaya kualitasnya. Dan lagi, toko online tempat Anda belanja juga merupakan online shop terkenal, dengan ulasan yang positif dari para pembeli. Maka dari itu, sebenarnya kunci penting belanja online produk apa saja itu adalah pandai-pandai memilih toko online-nya, dan juga mencari penjual yang terpercaya. Kalau dua hal tersebut sudah Anda lakukan, maka Anda bisa tenang belanja sepatu secara online. Jangan lupa juga manfaatkan promo menarik dan berbagai diskon yang selalu tersedia di toko online.