Tips Belajar di Rumah untuk Anak untuk Cegah Virus Corona

225

Demi pencegahan dan penularan virus Corona atau COVID-19, pemerintah telah mengeluarkan surat edaran terkait memberikan libur bagi siswa untuk belajar dirumah. Sebagian besar sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia telah menangguhkan sementara aktivitas belajar mengajar selama dua minggu.

Bagi orang tua ada beberapa apa hal penting yang harus diperhatikan agar kegiatan belajar di rumah ini berjalan lancar dan tidak membosankan. Berikut tips, sebagaimana dilansir dari Time.

1. Mulailah dengan membuat jadwal seperti sekolah
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat jadwal belajar di rumah seperti di sekolah mereka. Perhatikan pula detail-detail kecil seperti waktu istirahat, makan siang, dan kapan waktu yang tepat untuk memulai pelajaran. Sebagian besar anak cenderung memulai pelajaran di pagi hari, namun tak jarang aktivitas ini dilakukan pada sore hari. Tanyakanlah hal tersebut kepada anak Anda.

2. Sisipkan waktu bermain
Setelah Anda berhasil memetakan jadwal belajar dan waktu makan siang, kini saatnya menetapkan waktu yang tepat untuk bermain agar si kecil tidak bosan. Anda bisa menyiapkan waktu selama kurang lebih 15-30 menit untuk bermain bersama mereka. Selain itu, pilihlah permainan yang dapat memicu imajinasi mereka, seperti menyusun lego atau permainan-permainan bersifat edukasi lainnya.

3. Jangan biarkan orang dewasa menguasai jalannya proses belajar
Perlu digarisbawahi bahwa bermain adalah tugas atau kegiatan yang paling disebangi anak-anak. Biarkanlah anak Anda bermain dengan riang. Jangan terlalu mengintervensi mereka. Sesekali, Anda bisa memberikan arahan atau tips dan trik, supaya imajinasi mereka berkembang dengan baik.

4. Sediakan waktu khusus untuk membaca
Sejumlah penelitian telah membuktikan pentingnya kegiatan membaca untuk tumbuh kembang anak. Mumpung mereka memiliki banyak waktu luang di rumah, Anda bisa mendorong mereka untuk meningkatkan kebiasaan tersebut. Sediakanlah waktu selama kurang lebih 20 menit untuk kegiatan membaca ini. Ada beberapa teknik yang bisa Anda ajarkan. Mulai dari membaca secara lantang atau membaca dengan suara tenang.

5. Biarkan mereka beristirahat
Istirahat yang cukup. Ini penting untuk menghindarkan mereka dari stres dan tekanan. Meskipun tidak ada panduan resmi berapa banyak waktu yang harus diberikan untuk anak beristirahat, tidak ada salahnya Anda membiarkan mereka beristirahat 3-4 kali dalam sehari. Saat beristirahat, biarkanlah mereka melakukan aktivitas yang mereka senangi, seperti berlarian di halaman belakang rumah atau bermain dengan gadget dengan batas waktu. Semoga bermanfaat.