Tips 4 Langkah Perawatan Kulit Berminyak

149

Perawatan Kulit wajah yang berminyak butuh perawatan yang serba hati-hati. Selain karena, kulit wajah merupakan area vital yang mempengaruhi penampilan Anda. Karenanya, perlu langkah khusus dalam merawat kulit yang rentan berjerawat ini.

Untuk mengatasi kulit berminyak ada beberapa langkah perawatan yang harus dilakukan terutama saat di pagi hari dan malam hari. Dilansir laman Healthline, berikut langkah perawatan untuk kulit berminyak.

Bersihkan di pagi dan malam hari
Ini adalah langkah yang paling penting dalam setiap perawatan kulit. Pendiri SLMD Skincare, Dr. Sandra Lee mengatakan, jika kulit kamu cenderung berminyak, kamu mungkin butuh lebih banyak membersihkan. Bersihkan muka secara menyeluruh di pagi adalah hal penting bagi kulit berminyak. Dokter Lee menyarankan untuk menggunakan pembersih dengan kandungan salicylic acid.

Gunakan Toner
Ketika wajah sudah dibersihkan, Dokter Lee menyarankan agar kamu melanjutkan dengan exfoliating toner yang mengandung salah satunya: salicylic acid, glycolic acid, lactic acid.

Merawat kulit
Langkah ini tergantung pada masalah kulit yang spesifik. Tapi secara umum, jika kamu rentan berjerawat, gunakanlah benzoyl peroxide atau belerang di siang hari untuk menghambat produksi minyak dan mencegah jerawat. Pada malam hari, disarankan menggunakan produk retinol untuk menjaga pori-pori bersih dan kulit bercahaya.

Gunakan Pelembap
Pelembap sangat penting bagi kulit berminyak. Adalah anggapan yang salah jika kulit berminyak tak perlu pelembap. Dokter Lee mengatakan, semua jenis kulit butuh pelembap, tapi jika kulitmu berminyak, kamu harus berhati-hati memilih jenis pelembap. Sarannya, gunakan pelembap yang ringan, bebas minyak dan water based. (*)