Tim Sepakbola Sulsel Patok Emas di PON XX Papua

34

BERANDANEWS – Makassar, Tim Sepak Bola Sulawesi Selatan, mematok target juara dalam PON XX Papua 2021. Sebagai persiapan, dalam tahap prakondisi, mereka semakin intens menggelar latihan dan uji coba untuk meningkatkan kemampuan tim.

“Kemudian kita berikan juga porsi khusus dalam latihan itu untuk anak-anak (pemain) biar lebih terukur hasilnya,” kata pelatih tim sepak bola PON Sulsel, Usman Halik, Senin (5/7/).

Belajar dari PON Jawab Barat 2016 lalu, tim sepak bola Sulsel hanya finis sebagai runner up setelah kalah tipis dengan skor 4-5 lewat adu penalti. “Itu pelajaran berharga, agar di tahun ini, Insya Allah kita bisa lebih baik,” jelasnya.

Patenkan strategi menyerang, bertahan dan transisi

Selain itu, Usman menambahkan, porsi latihan khusus yang diberikan dalam tim adalah dengan mematenkan strategi menyerang, bertahan dan transisi posisi antar pemain.

“Kolaborasi kekompakan itu yang sangat kita perlukan untuk saat ini,” ungkapnya.

Semua persiapan itu menurut Usman, semakin rutin dijalani oleh anak asuhnya. Apalagi, pascakekalahan timnya dalam laga uji coba melawan PSM Makassar di lapangan BSC, Jumat, 25 Juni 2021. Tim PON Sulsel saat itu, kalah telak dengan skor 4-0.

Intens melayani panggilan uji coba

Tim PON Sulsel, juga intens melayani panggilan uji coba melawan tim-tim lainnya. Setelah PSM Makassar, mereka akan kembali ditantang untuk berujicoba dengan tim Porda Maros. Laga uji coba akan digelar pada, Kamis, 8 Juli 2021 mendatang.

Menurut Usman, hanya dengan laga uji coba, kualitas timnya dapat diukur. Lewat situ juga, kemampuan fisik per individu pemain dapat diketahui.

“Termasuk apa yang sudah kita lakukan selama ini di dalam latihan dengan porsi khusus,” ucanya.

Tim sepak bola PON Sulsel, rencananya akan diberangkatkan pada awal September mendatang. 18 pemain bahkan telah menjalani proses vaksinasi tahap awal di GOR Sudiang, Makassar sejak Kamis, 1 Juli.

“Jadi tinggal tahap duanya nanti minggu depan kalau tidak salah,” ucapnya.

Usman berharap, kerja keras anak asuhnya yang sejauh ini telah dipersiapkan bisa selaras dengan hasil maskimal yang didapatkan nantinya.

“Insyallah kita optimis bisa, yang jelas tekad kita datang untuk persempahkan yang terbaik,” imbuhnya menyudahi.(SF)