Tanda Akun WhatsApp disadap dan Cara mencegahnya

14
Cara Mengirim Pesan di WhatsApp tanpa Mengetik

Sebagai platform perpesanan populer, Tingginya WhatsApp milik Meta ini menjadi incaran pelaku kejahatan terutama para hacker.

Beberapa waktu lalu yang banyak diperbincangkan, adanya aksi  penyadapan WhatsApp untuk memantau percakapan penggunanya.

Pelaku menyadap pengguna WhatsApp adalah dengan mengirimkan virus jahat malware ke akun yang menjadi sasaran. Bahkan malware ini menyusup tanpa diketahui oleh korban.

Adapun cara mengetahui WhatsApp Anda disadap berikut ciri-cirinya yang dikutip dari situs website Siber Polri :

1. Akun mendadak logout dari aplikasi Whatsapp

Penggunaan WhatsApp hanya bisa dilakukan dengan nomor ponsel sama pada satu smartphone. Ketika akun WhatsApp Anda keluar dengan sendiri artinya ada pihak lain yang menggunakan akun WhatsApp dengan nomor ponsel yang sama di smartphone lain.

2. Tanda centang Pesan telah dibaca
Saat pesan Anda belum dibaca dan tiba-tiba sudah bercentang biru alias sudah dibaca, ada kemungkinan besar akun WhatsApp telah dibajak dan disadap.

3. Ada pesan terkirim ke kontak tertentu tanpa sepengetahuan pengguna
Jika Anda merasa tidak pernah mengirim pesan kepada orang yang bersangkutan, maka patut dicurigai seseorang telah meretas akun WhatsApp Anda

4. Whatsapp web tiba-tiba aktif
Cara mengecek apakah orang lain menggunakan akun WhatsApp Anda atau tidak, klik ikon tiga titik di kanan atas tampilan aplikasi WhatsApp kemudian pilih mode WhatsApp Web. Di sana akan terlihat pada aplikasi apakah WhatsApp Anda terkoneksi.

5. Ada kiriman OTP
WhatsApp akan mengirimkan one time password (OTP) kepada pengguna melalui SMS jika ada pihak lain yang ingin memasang akun korban pada smartphone lain. Jika Anda mendapati hal ini, jangan berikan nomor enam digit tersebut kepada siapapun karena ketika diberikan maka akun WhatsApp kamu akan diambilalih.
Tips Mencegah Aksi Penyadapan di Akun Whatsapp

Aksi penyadapan WhatsApp bisa dicegah dengan berbagai cara yang sudah disediakan pihak pengembang, dan disarankan oleh aparat keamanan. Salah satunya, pengguna WhatsApp bisa mengaktifkan fitur two-step verification untuk mempersulit orang jahat yang hendak membajak atau menyadap WhatsApp Anda.

Berikut ini merupakan cara-cara mengatasi penyadapan pada akun WhatsApp:

1. Verifikasi Dua Faktor
Fitur ini bisa diaktifkan pengguna WhatsApp dengan masuk menu pengaturan – pengaturan akun – dan memilih opsi autentifikasi dua faktor. Setelah itu, WhatsApp akan meminta pengaktifan menggunakan PIN. Pengguna harus memasukkan enam digit angka PIN dan alamat surel yang terintegrasi dengan akun WhatsApp.

2. Gunakan Fitur Pindai Sidik Jari
Fitur ini mewajibkan pengguna untuk memindai sidik jari setiap kali akan membuka akun WhatsApp. Melalui fitur ini, orang jahat tak bisa menyadap akun jika tak punya sidik jari pengguna.

Cara mengaktifkannya, pengguna bisa masuk ke menu Setting > Account > Privacy > fingerprint lock.

3. Keluar dari Perangkat Tak Dikenal
Perangkat yang terhubung ke akun WhatsApp bisa dilihat melalui menu pengaturan atau setting. Setelah itu, pengguna hanya perlu memilih opsi WhatsApp Web, dan melihat daftar perangkat yang terhubung. Setelah mengetahui daftar perangkat, pengguna bisa menghapus akses WhatsApp dari perangkat yang tak dikenali atau sudah tidak dipakai. Semoga Bermanfaat.(*)