Tambah Porsi Latihan, Pelatih Renang Perairan Terbuka fokuskan Latihan Daya Tahan

72
Tambah Porsi Latihan, Pelatih Renang Perairan Terbuka fokuskan Latihan Daya Tahan

BERANDANEWS – Makassar, Atlit Cabang olahraga Renang Perairan Terbuka atau Open Water Swimming (OWS) Sulsel, yakni Nauval, M. Wanda dan M. Inaya, terus digenjot untuk melakukan latihan rutin setiap senin hingga jumat untuk memantapkan persiapan jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada Oktober mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Pelatih OWS Sulsel, Hasim. Menurutnya latihan rutin ini dilakukan untuk mengasah fisik, menjaga daya tahan dengan porsi latihan 12 kilometer perharinya, sedangkan untuk latihan di air atau renang porsinya antara 7 hingga 8 kilometer perharinya yang mengambil tempat latihan di Pantai Biru Tanjung Bunga Makassar, Kolam GOR Mattoanging, dan Kolam renang di Kostrad Kariango Maros.

“Daya tahan dengan volume tinggi kita berikan, latihan 12 kilo tiap harinya, kalau renang itu antara 7 hingga 8 ribu meter, seperti interval,” jelas Hasim.

Untuk penunjang latihan sendiri, Hasim mengaku saat ini peralatan untuk latihan nomor laut belum lengkap.

“Latihan dilaut itu kita susah karena belum memiliki arena, jadi salah satu jalan nanti, yaitu memgakalinya kita harus cepat ke arena lokasi pertandingan di PON”, tegas Hasim.

Sementara itu, Tim monitoring dan Evaluasi OWS, Dr Anto Sukamto, dari pantauannya memgaku, tim pelatih dan atlit saat ini rutin menggelar latihan di dua tempat yakni di tanjung biru dan kolam kostrad kariango maros.

“Mereka itu rutin latihan di dua tempat, yaitu di pantai Tanjung biru dan kolam renang Kostrad kariango”, singkat Anto saat dihubungi.

Pada PON Papua mendatang, Nauval yang turun di nomor 3000 meter, Sedang Wanda (5000 m) dan Inaya (10000 m) diharapkan dapat meraih medali.(*)