Tak Perlu Ke Dokter, Kenali Gejala Hipertensi

81

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan kesehatan yang sulit disembuhkan. Banyak masyarakat mengidap hipertensi.

Hipertensi sendiri memiliki tahapan-tahapan bagi para penderitanya. Tidak semua penderita hipertensi dianjurkan harus minum obat. Jika masih tahap pertama bisa diubah dengan lifestyle yang lebih baik. Obat hanya dikasih pada saat pasien sudah sampai tahap dua atau setelah didiagnosa hipertensi.

Selain itu untuk menentukan seseorang mengidap hipertensi sangatlah mudah. Tidak diperlukan dokter dengan spesialisasi khusus untuk mendiagnosa hipertensi. Sekadar informasi, seseorang bisa dikatakan mengalami hipertensi apabila tekanan darah sistolik (tekanan darah pada saat kontraksi otot jantung) lebih dari 140 mmHg, sementara tekanan darah diastolik (tekanan darah pada saat otot jantung relaksasi) lebih dari 90mmHg.

Adapun gejala hipertensi, yaitu adanya sakit kepala, pusing, penglihatan buram, mual, telinga berdenging, detak jantung tak teratur dan biasanya sering merasakan kelelahan.