Soal Cuaca Panas di Indonesia, Begini Penjelasan BMKG

59
Ilustrasi Cuaca Panas

BERANDANEWS – Jakarta, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan terkait suhu panas yang beberapa waktu terjadi di Indonesia. Selama periode 22-28 September 2023 suhu mencapai hingga 35-38 derajat celcius.

Rinciannya yakni 38 derajat Celsius (suhu maksimum) di Jawa Tengah. Dan 35-37 derajat Celsius di wilayah Jabodetabek pada 25 September 2023.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani menjelaskan, setidaknya ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab suhu panas di sejumlah wilayah di Indonesia. Di antaranya yakni pertumbuhan awan, peralihan musim hingga posisi Matahari.

Ia mengatakan, saat ini kondisi cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia terutama di Jawa hingga Nusa Tenggara (termasuk Jabodetabek) didominasi oleh kondisi cuaca yang cerah. Juga sangat minimnya tingkat pertumbuhan awan terutama pada siang hari.

“Kondisi ini tentunya menyebabkan penyinaran Matahari pada siang hari ke permukaan Bumi tidak mengalami hambatan signifikan. Sehingga suhu pada siang hari di luar ruangan terasa sangat terik,” ujarnya dalam keterangan resminya, Sabtu (30/9).

Selain hal di atas, posisi semu Matahari yang sedang berada di selatan ekuator juga mempunyai dampak. Di mana wilayah Indonesia yang berada di daerah tersebut.

Termasuk Jawa hingga Nusa Tenggara mendapatkan pengaruh penyinaran Matahari yang relatif lebih tinggi. Dibandingkan wilayah Indonesia lainnya.

Kendati demikian, fenomena astronomis tersebut tidak berdiri sendiri. Dalam mengakibatkan peningkatan suhu udara secara ekstrem di permukaan Bumi.

“Faktor-faktor lain seperti kecepatan angin, tutupan awan, dan tingkat kelembapan udara memiliki dampak yang lebih besar juga. Terhadap kondisi suhu terik di suatu wilayah seperti yang terjadi saat ini di beberapa wilayah Indonesia,” kata dia.

Informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG dapat disimak melalui website BMKG. Yakni Website BMKG https://www.bmkg.go.id, untuk prakiraan cuaca hingga level kecamatan.

Juga di akun media sosial @infobmkg. Dan Aplikasi iOS dan android “Info BMKG”, Call center 196 BMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.(*)