Sering merasa Lapar Saat Hujan, Kenali Penyebabnya !

66
Ilustrasi Penyebab perut lapar saat hujan turun

Hujan yang mengguyur beberapa hari terakhir ini, menjadikan sebagian orang malas untuk beraktifitas, bahkan ada yang memilih untuk berbaring atau ngemil. Suhu udara yang dingin, membuat suhu tubuh menurun, dan menyesuaikan dengan suhu lingkungan. Sebagai kompensasi, tubuh akan mencari cara untuk menyesuaikan.

Seperti halnya makan, makanan yang Anda konsumsi akan diubah menjadi sumber energi. Energi ini dapat digunakan kembali oleh tubuh untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk menaikkan suhu tubuh yang menurun. Peneliti menemukan, cuaca mendung dengan sedikit sinar matahari dapat menurunkan zat serotonin di dalam otak.

Aktivitas makan dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak. Alhasil, kurang melihat sinar matahari memicu orang untuk mencari makanan. Hal tersebut juga dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh kardiolog Ira Ockene asal University of Massachusetts Medical School. Dari hasil penelitiannya, sebanyak 593 partisipan berusia 20-70 tahu, rata-rata mengonsumsi makanan berkalori lebih banyak ketimbang saat musim semi.

Cuaca yang cenderung mendung dan gelap ternyata membuat naluri kita ingin menyantap makanan. Musim hujan memang sering membuat kita mudah lapar. Apalagi melihat derasnya hujan di luar, membuat kita enggan keluar rumah. Bahkan, karena cuacanya yang sejuk membuat kita semakin malas bergerak. Maunya tidur, ngemil seharian. Jadi tak heran kan jika berat badan tiba-tiba naik? Jadi sebenarnya tak adil juga menyalahkan hujan, inilah penyebab mengapa berat badan jadi naik ketika musim hujan tiba.(*)