Selain Flu dan Batuk, ada Gejala baru tanda terinfeksi Covid-19

241

Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, penyebarannya terus meluas dan sulit terkendali.

Bahkan baru baru ini lembaga kesehatan dunia (WHO) mengumumkan, bahwa covid-19 dapat menular melalui udara.

Selain itu, gejala virus corona terus bertambah, dan ditemukan sejumlah gejala baru selain demam, batuk, dan sesak napas.

Gejala-gejala terinfeksi virus corona umumnya muncul pada periode masa inkubasi sekitar dua hingga 14 hari setelah terpapar.

Berikut gejala terinfeksi virus corona yang perlu Anda ketahui

1. Sesak Nafas
Saat dada Anda terasa seperti diikat atau mulai merasa kesulitan untuk bernapas, ini adalah tanda Anda harus bertindak cepat. Yakni segera memeriksakan diri ke dokter.

Rasa sakit terus-menerus atau tekanan di dada, bibir atau wajah menjadi kebiruan yang menjadi indikasi kurangnya oksigen yang masuk.

2. Demam
Setiap orang bisa memiliki suhu demam yang berbeda dari patokan suhu tubuh normal pada umumnya. Menurut para ahli, gejala demam yang paling umum adalah suhu tubuh naik di waktu sore dan menjelang petang. Itu adalah cara umum virus menghasilkan demam.

Makanya, pengecekan suhu sebaiknya dilakukan pada sore dan menjelang petang. Untuk mengetahui tingkat suhu tubuh.

3. Batuk
Batuk merupakan gejala umum dari covid-19, meski demikian batuk akibat corona berbeda dengan batuk biasa. Batuk karena gejala Covid-19 sangat menganggu. Yakni batuk kering yang terasa seolah berasal dari sesuatu yang jauh di dalam dada.

Para ahli mengatakan batuk berdahak atau lendir kental yang kadang disebut dahak merupakan gejala terinfeksi corona.

4. Demam tinggi Di Malam Hari
Seseorang yang terinfeksi virus corona, akan menggigil, tubuhnya terasa sakit, dan mengalami demam tinggi di malam hari dan berlangsungnya sangat lama lebih dari seminggu.

5. Kondisi susah Bergerak
Jika tubuh tidak mampu untuk bangun atau beranjak dari posisi berbaring, atau kehilangan respons, bisa jadi tanda serius bahwa Anda membutuhkan perawatan segera.

Jika seseorang menunjukkan gejala di atas disertai bibir biru, sulit bernapas, dan nyeri dada, maka harus segera mencari bantuan.

6. Gangguan Pencernaan
Saat gejala awal terinfeksi, beberapa penderita mengalami masalah pencernaan seperti diare dan seringkali tak disertai demam.

7. Mata memerah
Kondisi mata merah patut dicurigai sebagai tanda Covid-19, dan diikuti beberapa tanda lain seperti demam, batuk, atau sesak napas.

Mata memerah atau konjungtivitis terjadi akibat peradangan karena adanya virus pada lapisan jaringan tipis dan transparan yang menutupi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata yang disebut konjungtiva.

8. Indra penciuman dan Rasa
Beberapa ahli menyebutkan, anosmia, yang berarti hilangnya penciuman, ditemukan menjadi salah satu gejala yang dialami sejumlah pasien covid-19. Selain itu, gejala ini membuat berkurangnya napsu makan penderita.

9. Sakit Kepala dan Tenggorokan
Sakit kepala dan sakit tenggorokan menurut para ahli, bukan gejala umum akan tetapi gejala Covid-19 pada dasarnya bisa tampak seperti flu termasuk sakit kepala dan masalah pencernaan.