Rumah Adat Kerajaan Bone Hangus dilalap Si Jago Merah

45
Rumah Adat Kerajaan Bone, Bola Soba Terbakar

BERANDANEWS – Bone, Rumah Adat Kerajaan Bone atau Saoraja atau Bola Soba yang berada di Jalan Latenritatta, Kecamatan Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan dilalap si jago merah pada Sabtu (20/3/2021) sekitar pukul 04.00 Wita.

Rumah adat kebanggaan warga Bumi Arupalakka itu pun tinggal puing. Api menghanguskan bangunan yang terbuat dari kayu tersebut. Butuh waktu sedikitnya 2 jam lamanya untuk memastikan seluruh api yang menyebar dengan cepat di rumah panggung itu padam dengan sempurna.

Sampai saat ini, penyebab kebakaran belum diketahui. Dari video yang beredar luas, tampak beberapa warga mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bone, juga dikerahkan. Namun, api tak bisa dikendalikan. Rumah adat itu pun hanya tinggal puing.

Bola Soba itu berusia ratusan tahun. Merupakan salah satu peninggalan sejarah kerajaan Bone masa lalu. Kerap dijadikan tempat pelatihan sanggar-sanggar seni yang ada di kota Bumi Arung Palakka.

Saoraja dibangun pada masa pemerintahan Raja Bone ke-31, La Pawawoi Karaeng Sigeri MatinroE ri Bandung (1895-1905) .

Awalnya, diperuntukkan sebagai kediaman raja pada waktu itu sehingga disebut Saoraja. Selanjutnya, ditempati oleh putra La Pawawoi Karaeng Sigeri yang bernama Baso Pagilingi Abdul Hamid yang kemudian diangkat menjadi Petta Ponggawae (Panglima Perang) Kerajaan Bone oleh raja dengan persetujuan Ade’ Pitue.

Di ruangan Bola Soba terdapat Langkana atau singgasana raja, bangkai meriam tua, gambar La Tenritatta Arung Palakka Raja Bone ke-15, silsilah dan susunan raja-raja Bone, serta benda-benda langka lainnya.(*)