Rayakan Ulang Tahun ke 25, Ajak Pengunjung melihat kembali Sejarah kelahiran Google

133
Rayakan Ulang Tahun ke 25, Google ajak Pengunjung melihat Sejarah kelahirannya

TEKNO – Saat membuka laman pencarian Google, ada tampilan berbeda, di mana tulisan Google berubah menjadi G25GLE.

Benar, Google Doodle hari ini, Rabu (27/9), dibuat khusus merayakan ulang tahun ke-25 tahun. Google pun mengajak semua untuk melihat kembali sejarah bagaimana Google lahir dari sebuah kamar asrama mahasiswa.

“Menelusuri jalan kenangan untuk mengetahui bagaimana kita dilahirkan 25 tahun yang lalu… Karena takdir atau keberuntungan, mahasiswa doktoral Sergey Brin dan Larry Page bertemu di program ilmu komputer Universitas Stanford pada akhir tahun 90-an,” tulis Google.

Keduanya pun segera menyadari bahwa mereka memiliki visi yang sama. Yakni menjadikan World Wide Web sebagai tempat yang lebih mudah diakses.

Dari kamar asrama mereka, Sergey Brin dan Larry Page bekerja tanpa kenal lelah untuk mengembangkan prototipe mesin pencari yang lebih baik.

Ketika mereka mencapai kemajuan berarti dalam proyek tersebut, mereka memindahkan operasinya ke kantor pertama Google. Kantor yang dimaksud itu adalah sebuah garasi sewaan. Pada 27 September, 25 tahun silam, Google Inc. resmi lahir.

Tanggal ulang tahun Google sendiri sempat berubah-ubah. Sebelum akhirnya pada 2006, tanggal ulang tahun Google diubah kembali dan ditetapkan menjadi 27 September.

Tanggal tersebut bertepatan dengan pengumuman rekor jumlah halaman yang diindeks mesin pencari Google.

“Banyak yang telah berubah sejak tahun 1998 — termasuk logo kami seperti yang terlihat pada Doodle hari ini — namun misinya tetap sama: mengatur informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses dan berguna secara universal,” ungkap Google.

Dan, selama 25 tahun perjalanannya, miliaran orang dari seluruh dunia telah menggunakan Google untuk menelusuri, terhubung, bekerja, bermain, dan masih banyak lagi.

Google pun mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah menjadi saksi Google tumbuh dan berkembang selama 25 tahun. Dalam perjalanannya, tentu banyak yang berubah dan berbagai penyempurnaan-penyempurnaan. Mulai dari desain logo hingga fitur-fitur.

“Kami tidak sabar untuk melihat ke mana masa depan membawa kami bersama-sama,” tutup Google. (*)