Pikiran tetap Tajam, sekalipun Umur sudah Bertambah

233

Faktor usia mempengaruhi produktivitas berpikir dan bekerja, artinya semakin tua, pikiran Anda mungkin makin kesulitan untuk menghafal angka atau bacaan. Selain itu, semakin sulit juga seseorang untuk bisa berfokus pada pekerjaan karena lupa akan hal-hal kecil.

Bahkan, Anda juga lebih mudah untuk lupa nama seseorang yang baru saja bertemu beberapa hari yang lalu. Ini jelas terjadi karena pikiran juga ikut menua. Otak melambat seiring dengan bertambahnya usia. Namun, ada beberapa hal yang sesungguhnya bisa membantu mempertajam pikiran dan ingatan. Berikut ini beberapa hal yang bisa membantu seseorang agar pikiran tetap tajam, sekalipun umur sudah bertambah.

1. Olahraga
Olahraga memang tidak selalu membutuhkan otak. Namun, tetap aktif secara fisik merupakan solusi untuk seluruh tubuh agar tetap terjaga. Termasuk otak Anda.

2. Mempelajari hal-hal baru
Mempelajari hal-hal baru baik bahasa atau musik, juga merupakan salah satu cara untuk otak tetap sehat dan juga aktif.

3. Melatih otak
Melatih otak bisa memperkuatnya. Beberapa cara yang mudah untuk dilakukan adalah dengan mengisi teka-teki silang, permainan kata-kata, dan juga kuis. Ini membuat otak tetap waspada, sehingga meningkatkan kapasitas mental.

4. Seni repetisi
Jika Anda ingin mengingat sesuatu, baik nomor telepon, nama atau tempat, ulangi hal yang sama. Itu bisa membantu Anda mempertahankannya agar tetap teringat untuk jangka waktu yang lebih lama.

Aturlah waktu yang tepat misalnya satu jam sekali, kemudian beberapa jam, lalu setiap hari untuk memberikan hasil yang terbaik.