Perubahan besar-besaran, Apple perkenalkan macOS Big Sur

207

Apple terus berupaya memaksimalkan operasional sistem yang berbasis di Amerika serikat ini dengan memperkenalkan versi macOS terbaru. Mengikuti versi sebelumnya yang memakai nama lanskap alam California, versi terbaru ini diberi nama macOS Big Sur.

Ada perubahan yang cukup besar untuk sistem operasi ini, baik dari segi tampilan antarmuka hingga aplikasi kunci. Bahkan macOS Big Sur disebut-sebut menjadi salah satu yang terbesar setelah sebelumnya perusahaan melakukan hal tersebut di Mac OS X.

Perubahan yang dihadirkan Apple di macOS Big Sur meliputi skema warna, efek transparan, menu bar, tampilan dock baru, desain sudut yang dibuat lebih membulat, hingga ikon aplikasi baru.Selain itu, ada pula perubahan tampilan slider, checkboxes, suara notifikasi, termasuk sejumlah simbol. Jarak antar tombol juga kini dibuat lebih lapang.

Selain itu, macOS Big Sur juga dilengkap dengan Control Center yang membuatnya terasa mirip dengan iOS. Ada pula Notification Center dan widget yang serupa dengan iOS 14. Peningkatan juga dilakukan pada sejumlah aplikasi, seperti Safari, Message, hingga Maps. Rencananya, macOS Big Sur akan rilis menjelang akhir tahun ini.

Adapun versi terbaru ini akan mendukung MacBook, MacBook Air, MacBook Pro, Mac Mini, iMac, iMac Pro, dan Mac Pro. Sementara versi betanya akan rilis pada bulan depan.(*)