Pengidap Diabetes Perlu Perhatikan 4 Hal ini sebelum Donor Darah

97

Kadar gula (glukosa) darah yang tinggi bagi penderita diabetes, terlebih bagi mereka dengan diabetes yang sudah menggunakan insulin tambahan untuk membantu mengontrol gula darahnya. Lantas, jika ingin penderita diabetes ini bolehkah mendonorkan darahnya? Mengingat, yang dikhawatirkan darah dengan gula bisa menyebar kepada mereka yang akan mendapatkan sumbangan darah.

Mengutip laman Boldsky, orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 berhak untuk mendonorkan darahnya asal diabetes bisa terkontrol denan baik. Caranya, dengan rutin berolahraga dan menjalani diet sehat.

Hal yang wajib diperhatikan ialah bisa memastikan kesehatan tubuh dalam kondisi baik sebelum donor darah. Nah, jika kamu sedang dalam fase pengobatan diabetes, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter, menjaga agar obat-obatan yang dikonsumsi menganggu prosedur donor darah.

Ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum donor darah,

1. Pra-diabetes

Prang-orang yang telah didiagnosis dengan pra-diabetes bisa donor darah selama tidak bermasalah dengan jantung.

2. Asupan Insulin

Mereka penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang menggunakan insulin tambahan tidak boleh menyumbangkan darah.

3. Obat Diabetes

Orang yang menggunakan obat diabetes bisa donor darah, kecuali saat menyumbangkan darah obat tidak berubah dalam empat minggu terakhir.

Mengingat saat obat berubah maka akan berdampak pada kadar glukosa darah, artinya darah berisiko untuk disumbangkan.

4. Masalah jantung

Dalam beberapa kasus, orang diabetes yang jantungnya bermasalah tidak bisa donor darah, apalagi dengan mereka yang pernah gagal jantung.