Pasien yang Sembuh dari Corona Butuh Waktu 6 Bulan untuk melawan Reinfeksi Covid-19

6

Menghindari penularan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dianggap belum cukup tanpa menjaga imunitas tubuh tetap sehat. Orang yang pernah terpapar Covid-19 yang dinyatakan sudah sembuh pun bisa kembali tertular virus Corona.

Dengan menjaga imunitas atau kadar antibodi dalam tubuh bisa menjadi penangkal terhadap penularan Covid-19.

Seseorang yang pernah terkena Covid-19 dapat melawan ancaman reinfeksi virus Corona setidaknya selama 6 bulan setelah dinyatakan sembuh. Hal ini diungkapkan pada sebuah Studi baru yang dikutip dari laman AFP. Para peneliti dari Amerika Serikat (AS) dan Swiss mempelajari puluhan orang yang telah pulih dari Covid-19 dan menemukan bahwa jumlah antibodi mereka dapat berkurang seiring berjalannya waktu. Meski sistem kekebalan tubuh, sel B memori, manusia masih bisa mengingat virus Corona selama setengah tahun.

Kadar antibodi ini dipengaruhi oleh sel B memori dalam mengingat virus. Sel B memori merupakan sel yang bertugas untuk mengingat patogen, sehingga dapat mendorong sistem kekebalan agar memproduksi kembali antibodi untuk melawan virus.

Selain itu, Respons memori bertanggung jawab untuk perlindungan diri infeksi ulang dan penting untuk vaksinasi yang efektif. Berdasarkan penelitian tersebut, respons sel B memori tidak membusuk setelah 6,2 bulan. Individu yang pernah terinfeksi virus Covid-19 dapat meningkatkan respons yang cepat dan efektif terhadap virus setelah terpapar ulang. (*)