Obat yang akan dikonsumsi bagi Penderita Diabetes harus sesuai dengan Petunjuk Dokter

Diabetes merupakan penyakit yang umum dialami masyarakat dunia, bahkan badan kesehatan dunia (WHO) menyatakan diabetes saat inu menduduki urutan ketiga sebagai penyakit tidak menular yang paling banyak dialami masyarakat dunia. Diabetes disebabkan karena tingginya kada gula (glukosa) dalam darah. Penderita diabetes wajib mengonsumsi obat-obatan untuk menjaga kadar gula darahnya dalam tubuh.

Meski saat ini ada banyak perawatan dan obat diabetes yang dijual di pasaran untuk mencegah peningkatan gula darah dalam tubuh. Obat-obatan tersebut tersedia dengan banyak pilihan mulai dari tablet hingga berbentuk cairan insulin yang disuntikkan ke dalam tubuh penderitanya.

Setiap obat memiliki kadar untuk menyembuhkan, hal tersebut harus sesuai dengan petunjuk dokter atau sesuai dengan kebutuhan sang pasien. Pasien diabetes diwajibkan mengkonsumsi obat sesuai dengan petunjuk dokter atau tidak boleh sembarangan alias berbeda-beda dan tidak sesuai dengan apa yang dianjurkan.

Para dokter biasanya akan menilai tingkat keparahan diabetes yang diderita seseorang, termasuk sudah berada di stadium apa, bisa di awal, pertengahan dan akhir. Nantinya kondisi tersebut akan dinilai dari lama sakit dan komplikasi yang sudah terjadi. Selain itu, sangat penting menjalin komunikasi yang baik antara pasien dengan dokter. (*)