Menikmati Keindahan Danau Tempe di Wajo

108

Mengunjungi Kabupaten Wajo, tak lengkap rasanya kalau tak mengunjungi destinasi wisata yang satu ini, Danau Tempe merupakan icon wisata di Wajo yang terletak di bagian Barat Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Tempe, Kecamatan Belawa, Kecamatan Tanah Sitolo, Kecamatan Maniangpajo dan Kecamatan sabbangparu, jaraknya sekitar 7 km dari Kota Sengkang menuju tepi Sungai Walanae.

Danau Tempe yang memiliki luas sekitar 13.000 hektare ini memiliki spesies ikan air tawar yang jarang ditemui di tempat lain. Hal ini karena danau tersebut terletak di atas lempengan benua Australia dan Asia. Danau ini merupakansalah satu danau tektonik yanga ada di Indonesia.

Selain kekayaan hayati Danau Tempe yang menakjubkan, anda juga bisa menyaksikan keunikan kebudayaan masyarakat setempat.

Di sekitar bulan Agustus, masyarakat setempat mengadakan rangkaian acara adat yang bertujuan untuk menyucikan danau. Rangkaian acara tersebut diawali dengan pengorbanan sapi yang dipimpin oleh Ketua Nelayan. Selanjutnya selama beberapa hari kemudian, Anda bisa menyaksikan rangkaian acara seperti, Pagelaran Musik Tradisional, lomba Balap Perahu Tradisional, lomba Menghias Perahu, festival Layang-layang Tradisional dan masih banyak lagi.

Untuk menuju ke Danau terbesar kedua di Sulawesi ini, Akses jalannya tidak terlalu sulit. Meski memang pengunjung harus lebih banyak mengeluarkan waktu, karena faktor jarak. Dari Kota Makassar, pengunjung perlu waktu sekitar 6 jam untuk sampai di tanah Wajo ini. Bagi pengunjung yang sudah berada di kota Sengkang, setidaknya berjarak sekitar 7 kilometer untuk sampai di tepi sungai Walanae yang bisa menjadi salah satu akses menuju Danau Tempe. Bagi Anda yang rencana ingin menikmati keindahannya, danau tempe memiliki beberapa fasilitas pendukung mulai dari toilet umum, mushola, tempat penjual makanan sampai penginapan.

Salah satu aktifitas yang menyenangkan adalah wisata mengelilingi danau. Untuk keperluan ini pengunjung bisa menyewa perahu yang dimiliki nelayan setempat. Selama berkeliling danau, pengunjung bisa menyaksikan aktifitas penduduk setempat sebagai nelayan yang sedang mencari ikan. Banyak jaring ikan yang dipasang oleh nelayan di sini. Tanaman enceng gondok juga menghiasi di sebagian kawasan Danau Tempe. Di sini, berbagai spesies burung seperti burung bangau atau belibis banyak tersebar di kawasan danau.