Mengetahui Lokasi melalui IP Adress untuk menemukan Perangkat yang Hilang

228
Ilustrasi cara Mengetahui Lokasi melalui IP Adress

Ketika mengalami pencurian data atau di hack, seringkali tersisa adalah hanya sebuah jejak IP Address yang bisa dilacak Google. Tapi sebagian dari kita tidak mengetahui bagaimana cara mengetahui lokasi melalui IP Address. Meski tidak bisa secara detail dan akurat, ada hal yang bisa dibaca dari IP Address salah satunya yakni lokasi dari perangkat yang Anda gunakan dan selama masih terhubung ke internet.

Berikut ini adalah situs yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui IP Address atau mendapatkan data di mana lokasi yang disebutkan dari deretan kode tersebut.

– www.iplocation.net
– www.ipfingerprints.com
– iplocation.com

Penggunaannya sama. Pertama-tama Anda akan disuguhkan dengan IP Address yang Anda miliki. Kemudian Anda bisa memasukkan deretan nomor IP Address yang ingin Anda ketahui lokasinya. Dari situ Anda akan tahu dimana lokasinya.

IP Address merupakan deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit, dan 128 bit yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

IP Address pada Ponsel sama halnya seperti perangkat lain yang terhubung dengan internet. Mereka harus memiliki alamat IP untuk dapat berkomunikasi dengan perangkat lain di internet. Alamat IP mungkin diberikan oleh jaringan operator ponsel, atau oleh jaringan WiFi yang terhubung dengan ponsel. Cara yang paling sering digunakan untuk menyembunyikan IP Address adalah dengan menggunakan VPN. Tapi jangan sembarangan memakai VPN, yang ada justru sebaliknya, IP Address milik Anda bisa bocor.