Mengenal lebih Jauh tentang Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

99
Ilustrasi Sistem Imunitas Manusia

Sistem kekebalan merupakan bagian penting dari tubuh manusia, dan tanpanya, kita tidak akan bertahan lama.

Apa itu sistem imun?
Sistem kekebalan adalah jaringan sel dan protein dalam tubuh kita yang bertahan melawan infeksi dan penyakit.

Sistem imun membangun kekuatan dengan terpapar kuman, sehingga saat kita lahir, sistem imun kita masih berkembang.

Itulah yang membuat kita tetap hidup dan sehat, dan tanpanya, kita tidak akan bisa bertahan.

Pada dasarnya sistem kekebalan tubuh kita adalah pertahanan kita terhadap infeksi dan penyakit.

Pemain kunci dalam sistem kekebalan adalah sel darah putih.

Ini diproduksi di sumsum tulang Anda, dan mereka adalah pemburu yang berkeliling tubuh mencari bakteri atau mikroba asing.

Apa yang dilakukan sistem kekebalan tubuh?
Sistem kekebalan berjuang melawan mikroba atau kuman invasif untuk memastikan mereka tidak tinggal di tubuh kita.

Ini termasuk bahan kimia dan racun juga.

Sistem kekebalan melacak semua mikroba yang pernah dilawannya. Artinya, ketika mikroba yang tidak diinginkan masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan dapat mengenalinya dan tahu cara menyerangnya.

Tidak hanya mengenalinya, tetapi juga dapat menyerangnya dengan cepat sebelum memengaruhi tubuh kita.

Jadi, misalnya, ketika kita batuk, sistem kekebalan kita belajar bagaimana melawannya, tetapi ini bisa memakan waktu satu atau dua minggu.

Kemudian ketika tubuh kita terkena kuman yang sama lagi, ia dapat mengenalinya secara instan dan melawannya sebelum menyerang tubuh kita.

Ini berarti Anda akan mengalami sedikit atau tidak ada gejala pilek yang Anda alami sebelumnya karena tubuh Anda tahu cara menghentikannya.

Sistem kekebalan hadir di banyak tempat di seluruh tubuh, dan ada banyak elemen yang berkontribusi pada sistem kekebalan.

Sistem kekebalan hampir seperti benteng, dan melawan kuman adalah pertempurannya.

Kulit bertindak sebagai penghalang untuk mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh.

Ada selaput lendir di beberapa organ Anda yang bertindak sebagai perangkap untuk menangkap kuman yang tidak diinginkan yang masuk.

Sel darah putih adalah pejuang, dan mereka berpatroli di tubuh melalui darah, mencari mikroba berbahaya untuk diidentifikasi dan dibunuh.

Akhirnya, jaringan sistem getah bening bertindak sebagai penyimpanan sel darah putih, serta memproduksinya.

Sistem kekebalan hampir seperti kastil; ia memiliki tembok untuk dipertahankan dan para pejuangnya untuk menyingkirkan penjajah yang tidak diinginkan.

Tanpa sistem kekebalan kita, kita akan terus-menerus sakit, dan tubuh kita akan terpapar virus, kuman, dan penyakit dalam jumlah tak terbatas.

Akhirnya, tubuh kita akan mati karena kita tidak akan mampu melawan penyakit lagi.

Ada banyak penyakit dan virus yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita, dan beberapa bahkan dapat merusaknya hingga berhenti bekerja.

Ini dikenal sebagai penyakit autoimun.

Penyakit autoimun umumnya menyebabkan sistem kekebalan Anda secara tidak sengaja membunuh sel-sel sehat, yang melemahkan sistem Anda.

Penyakit lain seperti HIV/AID menghancurkan sel darah putih Anda, yang berarti Anda tidak dapat melawan bakteri yang tidak diinginkan.

Berbagai kondisi melemahkan sistem kekebalan Anda, dan beberapa dapat diobati dengan obat-obatan untuk membantu meringankan efeknya, tetapi beberapa menyebabkan sistem kekebalan Anda berhenti bekerja sama sekali.

Contoh lain adalah reaksi alergi.

Ini adalah respons dramatis dan salah dari sistem kekebalan.
Ada banyak cara untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap terjaga dan sehat.

Ini termasuk menghindari hal-hal yang berbahaya bagi tubuh kita, seperti merokok dan alkohol dalam jumlah berlebihan.

Memastikan Anda mendapatkan jumlah tidur yang baik membantu menjaga sistem kekebalan tubuh meningkat karena tubuh Anda memiliki waktu untuk beristirahat.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat, Anda harus makan berbagai macam buah dan sayuran dan pastikan Anda menjaga pola makan yang sehat.

Berolahraga juga merupakan bagian dari menjaga tubuh dan sistem kekebalan dalam kondisi yang baik.

Terakhir, kebersihan yang baik mengurangi jumlah kuman yang masuk ke tubuh Anda, yang akan membantu mengurangi risiko penurunan sistem kekebalan tubuh Anda.

Kesimpulannya, sistem kekebalan kita bukanlah satu elemen; itu adalah kumpulan bagian tubuh kita yang bekerja sama untuk mempertahankan kita dari penyakit dan penyakit.

Sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita karena akan memperpanjang hidup kita dan membantu kita tetap sehat.

Ada banyak cara untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan memastikan tubuh Anda siap untuk melawan mikroba jahat.(*)