Manfaat Vaksin yang Penting bagi Tubuh Manusia

78

Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan masyarakat dunia. Pentingnya menjaga kesehatan, baik melalui imunisasi maupun vaksinasi terus diupayakan untuk menyelamatkan manusia dari bahaya virus mematikan Covid-19. Guna melawan pandemi, saat ini Indonesia sedang berjuang untuk memproduksi vaksin Covid-19.

Upaya pencegahan penyakit, ada dua aspek dasar yang harus dipenuhi yakni ketersediaan air bersih yang merata dan imunisasi. Saat dua hal ini bisa disediakan dengan baik maka masalah kesehatan terkait infeksi penyakit bisa teratasi.

Vaksin dapat diberikan dalam bentuk suntikan, tetes minum, atau melalui uap (aerosol). Berikut ini adalah beberapa manfaat vaksin yang penting bagi tubuh:

Mencegah penyebaran penyakit
Tidak hanya melindungi tubuh dari serangan penyakit serius, pemberian vaksin juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit.

Contohnya, kasus kematian pada bayi dan anak-anak akibat wabah penyakit campak dan pertusis (batuk rejan) yang dahulu pernah menggemparkan dunia. Hal ini terjadi karena pada saat itu belum ditemukan vaksin untuk kedua penyakit tersebut.

Melindungi dari risiko kematian dan cacat
Pemberian vaksin terbukti dapat menurunkan risiko seseorang terkena berbagai penyakit yang dapat mengakibatkan kematian maupun kecacatan. Misalnya, pemberian vaksin cacar pada anak-anak dapat membantu mencegah mereka terjangkit cacar di kemudian hari.

Begitu pula dengan pemberian vaksin campak dan rubela yang dapat membantu menurunkan risiko penularan virus tersebut dari ibu hamil kepada janin dalam kandungan maupun kepada bayi yang baru lahir.

Menghemat waktu dan biaya
Pemberian vaksin merupakan salah satu investasi kesehatan yang paling murah karena terbukti dapat mencegah dan mengurangi angka kesakitan, kecacatan, dan kematian akibat suatu penyakit.

Pemberian vaksin dapat membantu seseorang terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyebabkan sakit berkepanjangan, yang tak hanya merugikan dari segi finansial namun juga waktu.