Manfaat Mengkonsumsi Makanan Pedas untuk Kesehatan

73

Sambal dan makanan pedas lainnya sering disalahartikan sebagai makanan yang tidak sehat dan membuat kesehatan pencernaan terganggu. Padahal rasa pedas ini sudah sejak berabad – abad dimanfaatkan sebagai obat. Tapi tentu saja mengonsumsi makanan pedas ini harus bijaksana. Jangan berlebihan karena kalau berlebihan bisa menyebabkan hal – hal yang tidak baik bagi tubuh.

Berikut ini beberapa bukti bahwa makanan pedas itu sangat baik untuk kesehatan.

Menurunkan berat badan
Coba deh perbanyak makan cabai, banyak ahli yang menyatakan cabai terbukti bisa menurunkan berat badan. Capsaicin yang terkandung dalam cabai ternyata membantu mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat.

Tapi tetap ya makan pedasnya jangan berlebihan karena yang ada nanti akhirnya kamu diare. Lebih baik kamu makan pedas dalam jumlah sedikit karena banyak peneliti yang menyebutkan dengan cara begini berat badan bisa terjaga.

Menyembuhkan Sariawan
Kalau soal yang ini pasti sudah pernah dengar kan kalau cabai itu bisa menyembuhkan sariawan. Cabai memang mengandung banyak Vitamin C bukan hanya jadi obat sariawan, si kecil cabai ini juga bisa menjaga kesehatan mulut dan pencernaan tubuh. Untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral harian konsumsi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan

Anti Kanker
Cabai juga dipercaya bisa menjadi antikanker. Banyak penelitian yang telah menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas bisa mengurangi risiko kanker. Zat capsaicin yang banyak ditemukan di cabai ini bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain memperlambat, zat ini juga ditemukan dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel yang sehat.

Menyehatkan Jantung
Selain senam jantung makan pedas ternyata bisa menyehatkan jantung juga loh. Cabai terbukti bisa mencegah pembekuan darah. Selain itu, capsaicin juga sangat efektif melawan inflamasi atau pembengkakan yang menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

Mengobati gejala Flu
Makanan pedas dapat membantu menghilangkan gejala flu yang mengganggu seperti hidung tersumbat atau demam. Intinya makanan pedas bisa terbukti membantu membuka jalan napas bahkan bisa juga mengurangi sinusitis atau gejala flu lainnya.