Manfaat Daun Sambiloto untuk cegah Diabates dan Efek Sampingnya

134

Manfaat daun Sambiloto termasuk salah satu obat herbal untuk mencegah diabetes. Daun sambiloto yang diekstraksi menjadi pilihan obat anti diabetes yang banyak dikonsumsi masyarakat.

Menurut para peneliti ada zat aktif yang terkandung pada daun sambiloto, namanya Androgafulida yang berperan sebagai agen antidiabetes. Uji aktivitas sambiloto mampu meningkatkan sekresi insulin (hormon insulin meningkat yang berperan mengendalikan kadar gula darah).

Selain itu, sambiloto memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus, tetapi paling umum digunakan untuk masalah flu, infeksi sinus, peradangan umum, nyeri, dan detoksifikasi.

Secara umum, pengobatan dengan sambiloto menunjukkan hasil positif, tetapi Anda tetap butuh berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan menggunakannya. Terutama bila Anda sedang mengonsumsi obat, termasuk obat pengencer darah, obat tekanan darah, dan obat kemoterapi.

Ada beberapa efek samping yang mungkin dirasakan, seperti reaksi alergi, sakit kepala, kelelahan, kehilangan nafsu makan, mual, dan diare.(*)