Manfaat Buah Lemon dan Jeruk untuk menjaga Imunitas

138

Buah jeruk dan lemon sama-sama mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga cocok untuk meningkatkan imunitas.

Di sini, kandungan nutrisi serta manfaat buah lemon dan jeruk yang wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan termasuk imunitas. Penasaran kan? Yuk simak ulasannya berikut ini, dilansir dari Healthline.

Lemon
Lemon salah satu jenis buah yang dapat dimanfaatkan untuk apa saja. Mulai dari dikonsumsi untuk menjaga imunitas, merawat kesehatan kulit, hingga buah untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau daging ayam atau bebek. Buah lemon mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya.

Antioksidan sangat penting untuk kesehatan manusia, terutama untuk menjaga imunitas. Senyawa ini membersihkan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit, seperti penyakit yang disebabkan oleh virus.

Selain itu, para peneliti percaya bahwa flavonoid dalam lemon dan buah jeruk lainnya memiliki sifat antibakteri, antikanker, dan antidiabetes. Satu buah lemon juga mengandung phytochemical yang bermanfaat bagi kesehatan. Termasuk vitamin C, asam folat, kalium, juga pektin.

Sementara untuk satu buah lemon mengandung 11 kalori, 3,31 gram karbohidrat, 49 miligram potasium, 18,6 miligram vitamin C, 3 miligram kalsium dan 0,1 gram serat. Selain itu, lemon juga mengandung tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, folat, dan vitamin A.

Sementata untuk makan buah lemon sendiri caranya adalah peras sarinya, lalu tambahkan dengan air hangat dan satu sendok teh madu. Lalu kulit lemon juga dapat diekstrak menjadi skincare alami yang dibutuhkan kulitmu.

Jeruk
Jeruk mengandung vitamin dan mineral. Jeruk juga menjadi buah yang menjadi salah satu sumber vitamin C terbanyak. Satu buah jeruk bahkan mengandung 117 persen dari nilai vitamin C harian seseorang.

Sementara itu, jeruk mengandung 65 kalori, 16,27 gram karbohidrat, 3,4 gram serat, 61 miligram kalsium, 14 miligram magnesium, 238 miligram kalium, 63,5 miligram vitamin C.

Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Vitamin ini juga penting untuk meningkatkan imunitas, sekaligus menyerap zat besi.

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung vitamin A, senyawa yang penting untuk kesehatan kulit dan penglihatan. Ditambah dengan vitamin B, termasuk tiamin dan folat, yang membantu menjaga sistem saraf dan reproduksi tetap sehat dan membantu menciptakan sel darah merah.

Nah, orang bisa makan buah jeruk sebagai camilan menyegarkan atau dapat juga minum segelas jus jeruk murni. Anda juga dapat memarut kulit jeruk menjadi salad, yogurt, atau sebagai topping sereal untuk menambah rasa ekstra.