Lantik Pengurus Kabupaten Pertina Sinjai, Harpen Ali yakin Pertina Sinjai akan melaju lebih kencang lagi

106
Pelantikan Pengurus Kabupaten (Pengkab) Pertina Sinjai

BERANDANEWS – Sinjai, Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pengprov Pertina) Sulawesi Selatan (Sulsel) Harpen Reza Ali, SE melantik dan mengukuhkan Pengurus Kabupaten (Pengkab) Pertina Sinjai masa bakti 2022-2026 yang diketuai HM Syahidin.

Prosesi pelantikan berlangsung di aula Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sinjai, di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Kamis malam (30/11).

Ketua Pengprov PERTINA Sulsel, Harpen Reza Ali menegaskan setelah pelantikan, seluruh pengurus segera menyusun program dan langkah strategis guna memajukan cabang olahraga (Cabor) Tinju di Kabupaten Sinjai.

“Selamat kepada para pengurus Pertina Sinjai yang baru dilantik. Setelah pelantikan ini kita akan dihadang berbagai agenda. Salah satunya Pra Kualifikasi Porprov.  Juga kegiatan-kegiatan lain. Diantaranya pelatihan wasit/hakim dan pelatih yang sudah diganedakan oleh Pengprov Pertina Sulsel,” jelas Harpen Ali.

Harpen Ali yang juga merupakan salah satu putra tokoh olahraga nasional asal Sulsel, A. Reza Ali ini berharap kedepan Sinjai bisa menjadi barometer kejayaan olahraga tinju di Sulsel. Harpen Ali mengingatkan penjadi pengurus cabang olahraga bukan hanya sekedar gagah-gagahan.

“Dibutuhkan keseriusan. Karena mengurus olahraga, khususnya cabor tinju dibutuhkan orang-orang ‘gila’. Harus siapkan eksta waktu, tenaga dan pikiran. Dan tentu saja biaya yang tidak sedikit,” tegas Harpen.

Melihat komposisi pengurus yang berlatar belakang berbagai profesi, Harpen yakin olahraga tinju di Kabupaten Sinjai bisa selangkah lebih maju. ‘’Kalau dari penjelasan Ketua KONI Sinjai tadi, komposisi para pengurus Pertina Sinjai ini didominasi anak-anak muda dengan berlatar belakang berbagai profesi. Ada pengacara, ada pengusaha, ada wartawan dan beberapa profesi lainnya.

“Saya yakin dan percaya roda organisasi Pertina Sinjai akan melaju lebih kencang lagi. Apalagi diisi anak-anak muda. Saya yakin juga prestasi tinju di Sinjai akan selangkah lebih maju dari sebelumnya,’’ ujar Ketua Pertina berusia 28 tahun ini.

Pada akhir sambutannya Harpen Ali menjelaskan menyampaikan prestasi Pertina Sulsel yang baru saja sukses menggelar pelaksana Kualifikasi/Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) yang dilaksanakan pada 20-30 Juli 2023 di GOR Makassar Sport Hall, Makassar.

“Selain sukses sebagai penyelenggara Pra PON, Sulsel juga mampu meloloskan 12 petinjunya menuju PON XXII Aceh – Sumut 2024 nanti. Pencapaian ini merupakan sejarah yang diukir oleh pengurus Pertina Sulsel. Sepanjang sejarah ini kali pertama Sulsel menjadi tuan rumah Pra PON cabor tinju. Kami juga mengukir sejarah baru karena Sulsel mampu meloloskan 12 petinjunya ke arena PON. Selama ini paling banyak hanya enam petinju,’’ jelas Ketua Pengprov Pertina termuda di Indonesia, ini.

Harpen Ali merupakan salah satu pengusaha muda di Makassar. Dia juga seorang politisi muda yang akan maju pada pemilihan legislatif sebagai Caleg DPRD Sulsel Daerah pemilihan Sulsel 2 meliputi kecamatan Biringkanayya, Tamalanrea, Panakkukang dan Manggala Nomor urut 3 Parai Demokrat.

Di tempat yang sama Ketua KONI Sinjai, Suhardiman menegaskan dengan kehadiran Pengkab Pertina Sinjai menambah kekuatan daftar cabor yang telah terdaftar dan menjadi anggota KONI Sinjai.

“Sekarang total Cabor yang menjadi binaan KONI Sinjai sebanyak 40 cabor. Mudah-mudahan ini menjadi semangat baru untuk kemajuan olahraga di kabupaten Sinjai,” kata Suhardiman.

Usai dilantik dan dikukuhkan, Ketua Pengkab Pertina Sinjai, HM. Syahidin, menyampaikan terima kasih kepada Pengprov Pertina Sulsel yang telah melantik seluruh Pengkab PERTINA Sinjai.

Suhardiman menegaskan, akan segera melakukan pembinaan atlet dan pencarian bibit berbakat mulai usai dini sehingga prestasi olahraga tinju di Bumi Panrita Kitta’ dapat berkembang dengan baik sesuai harapan bersama.

Apalagi sepak terjang Pertina Sinjai kini sudah terbukti dengan berhasilnya menyumbangkan medali pada Porprov 2022 lalu dengan 1 medali emas dan 2 medali perak.

“Insyaallah usai pelantikan akan kita agendakan rapat koordinasi dan menindaklanjuti arahan dari Pengprov Pertina Sulsel. Ini akan menjadi perhatian dan semangat kami untuk mengenalkan Pertina ke masyarakat Sinjai serta melakukan pembinaan,” jelasnya.

Dirinya pun berjanji akan meningkatkan pembinaan atlet tinju di Kabupaten Sinjai dan berharap dapat melahirkan prestasi dalam olahraga tinju.

“Tentunya kami berharap kedepan pembinaan atlet tinju di Sinjai guna meningkatkan prestasi di Pertina Sinjai, dimana sebelumnya pada Porprov Sinjai 2022 lalu, Sinjai mampu meraih 1 medali emas 2 medali perak dari 4 atlet”, jelanya.

Pelantikan dan pengukuhan Pengkab Pertina Sinjai turut dihadiri perwakilan Forkopimda, Kadis Pendidikan Sinjai Irwan Suaib. Sejumlah pengurus Pertina Sulsel juga hadir mendampingi Harpen Ali. Masing-masing Sekretaris Umum, Sri Syahril, Wakil Ketua, Muh Tawing, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Riswan Troy, dan Wakil Ketua Bidang Humas, Oland Muhammad.

Selain itu hadir pula Wakil Ketua Bidang Kepelatihan dan Prestasi yang juga mantan atlet nasional peraih medali emas SEA Games 1997, Dufri Masihor dan Wakil ketua Perwasitan Stevy Latuheru.

Pelantikan Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Tinju Amatir Seluruh Indonesia (Pertina) 2022-2023.

Sinjai, Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Tinju Amatir Seluruh Indonesia (Pertina) Sulawesi Selatan, Harpen Reza Ali resmi melantik pengurus Kabupaten (Pengkab) Pertina Sinjai masa bakti 2022-2026.(*)