KPU : Produksi Logistik Pemilu 2024 Telah Capai 57 Persen

50
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari,

BERANDANEWS – Jakarta, Produksi logistik tahap I untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 sudah mencapai 57 persen. 30 persen di antaranya sudah didistribusikan atau dikirim ke berbagai daerah di Indonesia.

Demikian dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari, melalui keterangan tertulisnya, Senin (30/10).

“Tahap pertama (produksi) logistik kan untuk beberapa jenis kotak suara, bilik suara, tinta, segel. Itu di tingkat produksinya sudah di atas 57 persen per kemarin. Dan yang sudah diterima oleh teman-teman KPU kabupaten dan kota sudah di atas 25 persen,” kata Hasyim.

Sementara itu, Daftar Calon Tetap (DCT) untuk calon anggota DPR, DPRD, dan DPD akan ditetapkan pada tanggal 3 November 2023; sementara surat suara calon legislatif bakal mulai dicetak pada 10 November 2023.

“Penetapan DCT rencananya 3 November 2023 dan kemudian pengumumannya pada 4 November 2023 untuk DCT anggota DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten atau kota,” kata Hasyim.

KPU RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres dan cawapres untuk Pilpres 2024, yakni Anies​​​​​​​ Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh DPI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Garuda, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU RI telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada Rabu (14/2).(*)