Ketua TP PKK Luwu Launching Inovasi Desa Senga Selatan

36
Ketua TP-PKK yang sekaligus menjabat Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Luwu, Dr. Hj. Hayarna Basmin, SH. MSi melakukan launching Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Desa Senga Selatan Kecamatan Belopa

BERANDANEWS – Luwu, Ketua TP-PKK yang sekaligus menjabat Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Luwu, Dr. Hj. Hayarna Basmin, SH. MSi melakukan launching Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Desa Senga Selatan Kecamatan Belopa, Kamis (31/8)

Acara tersebut dihadiri Kepala Sub Koordinator Pengembangan Kelembagaan Desa Provinsi Sulawesi Selatan, M. Irfan, S. AP, MM, Kepala Dinas DPMD Luwu, Kasmaruddin, S.Sos, Sekretaris Dinas Kominfo, Anwar Amir, S.Sos, Camat Belopa, Hj. Rahmatia, Kepada Desa Senga Selatan, Drs. Ahmad Arfah, MSi dan Masyarakat Desa Senga Selatan

Dalam sambutannya, Hj Hayarna memberikan apresiasi atas inovasi-inovasi yang tiada hentinya dilakukan oleh pemerintah desa Senga Selatan

“Inovasi ini perlu kita beri apresiasi karena pemerintah desa Senga Selatan terus melakukan berbagai inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya,” kata Hj Hayarna

Selaku Ketua TP-PKK sekaligus Ketua Forum KKS, Hj Hayarna mengungkapkan, inovasi desa menjadi salah satu kriteria penilaian dari 9 tatanan yang harus dipenuhi oleh suatu daerah untuk dinyatakan sebagai Kabupaten Sehat.

“Melalui Forum KKS, kami terus berkoordinasi dengan para kepala desa yang menjadi lokus penilaian, melihat langsung potensi-potensi yang bisa dikembangkan di desa, kemudian mendorong terwujudnya tatanan sesuai dengan indikator untuk menuju Kabupaten Sehat,” jelas Hj Hayarna.

Dengan adanya potensi di desa itu, Forum KKS memberikan masukan apa saja yang bisa dikembangkan ataupun dilengkapi agar sesuai dengan indikator Kabupaten Sehat. Hakikat pembangunan desa bertujuan untuk memperbaiki kondisi dan taraf hidup masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas DPMD, Kasmaruddin mengatakan pelayanan terpadu satu pintu desa merupakan inovasi yang sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pubtik di desa. Dengan adanya pelayanan terpadu satu pintu desa, masyarakat dapat mengakses berbagai layanan publik yang dibutuhkan secara mudah, cepat, dan efisien.

“Pemerintah Kabupaten Luwu memberikan dukungan penuh terhadap upaya pemerintah desa Senga Selatan dalam mengembangkan pelayanan terpadu satu pintu. Kami berharap, inovasi ini dapat diadopsi oleh desa-desa lain di Kabupaten Luwu.

Hanya saja, untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik di desa, Kasmaruddin mengingatkan perlu diimbangi dengan peningkatan kapasitas aparatur desa dalam memberikan pelayanan publik.

“Aparatur desa perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas. Selain itu, peningkatan sarana dan prasarana pendukung pelayanan publik dan koordinasi berbagai pihak,” lanjut Kasmaruddin

Sebelumnya, Kepala Desa Senga Selatan menyampaikan beberapa manfaat dari pelayanan terpadu satu pintu ini.

“Inovasi ini adalah salah satu upaya dalam rangka memudahkan dan mempercepat pelayanan kepada Masyarakat, terutama dalam pelayanan administrasi kependudukan, perijinan, administrasi pemerintah, pelayanan sosial, kesehatan, pendidikan, ekonomi, lingkungan hidup, dan pelayanan administrasi lainnya yang dibutuhkan Masyarakat,” kata Ahmad Arfah.(*)