Ketombean? Coba Lakukan Cara Alami ini untuk Menghilangkannya

Tips Menghilangkan Ketombe

Mendapati rambut yang berketombe memang menyebalkan. Walau tergolong sebagai kondisi yang tak serius, kamu mungkin menjadi kurang percaya diri, karena adanya ketombe menempel di rambut, atau berjatuhan di pakaian. Dalam bahasa medis, ketombe adalah kondisi kulit kepala yang ditandai dengan serpihan putih dari kulit yang mengelupas.

Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari kulit berminyak, kulit kering, jamur, hingga kondisi kulit lain seperti kondisi psoriasis dan dermatitis. Kondisi ini pun bisa terjadi pada semua kalangan, termasuk bayi. Kamu mungkin sudah sering mencoba berbagai produk sampo antiketombe. Selain dengan sampo, ada juga cara-cara menghilangkan ketombe secara alami, yang tak banyak mengeluarkan uang.

Beberapa bahan alami yang patut dicoba yakni minyak tea tree, minyak kelapa, hingga lidah buaya. Berikut ini cara menghilangkan ketombe secara alami, dari bahan-bahan di sekitar kita.

Menggunakan tea tree oil
Tea tree oil sudah dikenal untuk penanganan masalah kulit, seperti kondisi jerawat dan psoriasis. Selain itu, bahan ini juga memiliki sifat antimikroba dan antiperadangan, yang dapat menghilangkan ketombe. Bahkan, tea tree oil juga disebutkan mampu melawan jenis jamur, yang menjadi pemicu ketombe.

Walau begitu, penting untuk digarisbawahi, tea tree oil dapat menyebabkan iritasi, jika kamu memiliki kulit sensitif. Sebagai solusi, kamu bisa melarutkan beberapa tetes minyak tea tree ke minyak kelapa, sebelum mengoleskannya ke kulit.

Mengoleskan minyak kelapa
Minyak kelapa juga memiliki popularitas untuk kesehatan, termasuk di antaranya untuk menghilangkan ketombe secara alami. Minyak kelapa dapat menyingkirkan ketombe, dengan meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan. Kondisi kekeringan tersebut dapat memperburuk kondisi ketombean.

Berbagai studi juga telah membuktikan khasiat minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe. Minyak kelapa dapat mengoptimalkan penanganan kondisi eksim (dermatitis), yang juga berkontribusi terhadap ketombe. Minyak kelapa pun memiliki sifat antimikroba, walau penelitian lanjutan terhadap jamur penyebab ketombe masih diperlukan.

Menggunakan lidah buaya.
Kamu tentunya sudah mengetahui khasiat lidah buaya untuk kesehatan rambut. Selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam berbagai produk kosmetik dan kecantikan. Beberapa penelitian membuktikan, sifat antijamur dan antibakteri pada lidah buaya dapat membantu menghilangkan ketombe yang membandel.

Mengaplikasikan cuka apel

Cuka apel juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan, termasuk menghilangkan ketombe secara alami. Walau riset medis mengenai manfaat cuka apel tersebut masih diperlukan, banyak orang telah menerapkan cara menghilangkan ketombe ini. Sifat asam pada cuka apel, membuatnya berkhasiat merangsang pelepasan sel-sel kulit mati di kulit kepala, sehingga menghilangkan ketombe.

Beberapa riset tabung reaksi juga menemukan, kandungan cuka apel dapat mencegah pertumbuhan jenis jamur tertentu. Kamu dapat mencobanya dengan menambahkan beberapa sendok ke dalam sampo atau mengombinasikan dengan minyak esensial lainnya, dan semprotkan langsung ke rambut.

Selain dengan cara-cara menghilangkan ketombe dengan alami di atas, kamu juga bisa menerapkan gaya hidup sehat lainnya. Gaya hidup sehat tersebut, termasuk dengan mengendalikan stres, mengonsumsi lebih banyak probiotik, hingga meningkatkan asupan omega-3.

Mengendalikan Stres
Stres yang mendera, memang memiliki berbagai efek kesehatan, termasuk fisik dan mental. Salah satunya kulit gatal dan kering, serta sistem imun yang menjadi lemah. Lemahnya sistem imun berpotensi mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan mikroba, termasuk jamur penyebab ketombe. Bahkan, sebuah riset di Prancis pada penderita dermatitis seboroik menemukan, episode dermatitis didahului oleh stres pada penderitanya. Dermatitis seboroik sendiri menjadi salah satu penyebab kondisi ketombe. (red)