Kenali Penyebab dan Pencegahan Penyakit Kanker Hati

182

Organ Hati berfungsi untuk menetralisir racun di dalam tubuh, membentuk protein dan faktor pembekuan darah, serta memetabolisme beberapa hormon. Kanker hati adalah suatu tumor ganas yang bermula dari organ hati. Kondisi ini terjadi ketika sel-sel di dalam hati bermutasi dan membentuk tumor. Terdapat dua jenis kanker hati, yaitu Kanker yang berasal dari sel hati (hepatoma) dan kanker yang berasal dari organ lain yang menjalar ke hati (metastasis).

Penyebab kanker hati adalah mutasi atau perubahan sel-sel pada organ hati, yang berakibat tidak terkendalinya pertumbuhan sel, sehingga membentuk tumor. Kendati demikian, penyebab dari mutasi sel tersebut belum diketahui secara pasti.

Gejala awal kanker hati ditandai dengan sakit perut, penurunan berat badan, dan kelelahan. Gejala kanker hati biasanya tidak menjadi jelas sampai penyakit mencapai stadium lanjut. Berikut gejala kanker hati lainnya, yaitu:

– Penyakit kuning (jaundice);
– Nyeri dekat ke bahu kanan;
– Pembesaran hati atau limpa atau keduanya;
– Pembengkakan di perut atau penumpukan cairan;
– Mual dan muntah;
– Sakit punggung;
– Gatal;
– Demam.

Kanker hati juga dapat menyebabkan pembuluh darah bengkak yang terlihat di bawah kulit perut. Penyakit ini menyebabkan tingginya kadar kalsium, kolesterol dan rendahnya kadar gula darah. Jika kamu mengalami gejala di atas, segera periksa ke dokter agar kanker hati bisa didiagnosis lebih dini. Kanker hati yang didiagnosis lebih dini biasanya akan lebih mudah disembuhkan.

Adapun Pencegahan Kanker Hati yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker hati, antara lain, melakukan hubungan intim yang aman, mendapatkan vaksin hepatitis B, menggunakan alat pelindung diri saat terpapar bahan kimia, mengurangi konsumsi alkohol, menjaga berat badan tetap ideal, menjauhi NAPZA, terutama dalam bentuk suntik.

Jika tumor masih berukuran kecil, pengobatan utama adalah dengan melakukan operasi pengangkatan tumor, yang dapat dilanjutkan dengan transplantasi hati. Namun, jika kondisi tumor sudah berukuran besar dan tidak dapat dioperasi, pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan kemoterapi dan radiasi untuk mengecilkan ukuran tumor dan meringankan gejala yang dialami penderitanya, tetapi tidak dapat menghilangkan tumor sepenuhnya.(*)

 

 

Sumber:Halodoc.com