Kenali 5 Tanda Anda sedang Stres Berat

Rutinintas selama sepekan di kantor menumpuk dan banyak kerjaan harus diselesaikan dengan sedikit waktu tersisa, hal seperti inilah yang mungkin membuat Anda stres.

Selain hal tersebut diatas, stres juga bisa diakibatkan karena hubungan Anda dengan pasangan tengah renggang. Stres memang mudah terjadi akibat banyak masalah yang dihadapi seseorang. Tapi, jangan meremehkan stres berlebihan, karena dapat memicu dampak penyakit mematikan di kemudian hari.

Berikut 5 tanda yang menunjukkan bahwa Anda sedang stres berlebihan. Apa saja?

Muncul Jerawat
Gejala stres yang menonjol juga memicu tumbuhnya jerawat di wajah. Saat stres, sel-sel yang bertanggung jawab dalam menghasilkan campuran sebum dengan bakteri kulit mati bisa memunculkan jerawat. Tentu hal ini dapat mengganggu penampilan Anda pada beberapa saat.

Sakit kepala
Sakit kepala yang parah dan serangan migrain berulang adalah tanda stres yang paling umum. Bila pikiran dipenuhi dengan banyak beban, maka otak mulai mengeluarkan hormon stres dan bisa menyebabkan sakit kepala, disertai rasa sakit di leher dan bahu. Jadi, usahakan jangan sampai mengabaikan sakit kepala itu jika terjadi secara berkala.

Pencernaan terganggu
Stres juga membawa dampak pada sistem pencernaan. Selama stres berlebih, otak mengeluarkan hormon yang bisa menyebabkan sindroma usus tidak beraturan, gangguan pencernaan, kram dan sakit perut, diare, dan lainnya. Hal ini tentu membuat aktivitas Anda jadi lebih terhambat.

Gampang lelah
Stres juga dikhawatirkan dapat menderita nyeri otot berkepanjangan. Tubuh jadi gampang lelah dan pikiran tidak fokus. Jam tidur akan berantakan di malam hari. Risikonya juga dapat memicu arthritis yang sangat menyakitkan.

Selalu ingin makan junk food
Kalau biasanya Anda tidak suka makan junk food atau makanan serba asin, tapi tiba-tiba mengalami perubahan, awas tandanya tubuh sedang stres. Akibatnya, Anda bisa mengalami kenaikan berat badan yang tidak terkontrol. Tubuh menjadi gemuk dan pasti membutuhkan waktu lama untuk mengembalikan berat badan yang ideal. Karenanya, Anda harus waspada agar tidak berdampak buruk pada kesehatan Anda.