Kartu Grafis Xe buatan Intel, Siap Saingi AMD dan Nvidia

85

Intel akhirnya mengumumkan proyek kartu grafis ‘Xe’. Kartu grafis ini tidak lagi onboard, tetapi kartu grafis yang dapat disematkan pada slot PCI-E. Kehadiran kartu grafis Intel ini akan menjadi pesaing baru bagi AMD Radeon dan Nvidia.

Kabar proyek kartu grafis ‘Xe’ ini diungkap oleh Direktur Eksekutif Intel, Bob Swan melalui akun Twitternya. Intel mengumumkan proyek kartu grafis ‘Xe’ pada laporan keuangan terakhir, seperti diungkap oleh Wccftech. Kartu grafis ini memiliki nama lain DG1, yang diduga sebagai akronim ‘development graphics’. DG1 Merupakan model prototype yang tengah dikembangkan oleh Intel.

Kabar ini diperkuat oleh cuitan Kepala Marketing Grafis dan Teknologi Visual Intel, Chris Hook. Ia secara sederhana hanya menulis ‘It’s alive!’, namun telah memperkuat dugaan proyek kartu grafis Intel tersebut

Setelah menunggu lama, akhirnya Intel umumkan proyek kartu grafis ‘Xe’. Kartu grafis ini tidak lagi onboard, tetapi kartu grafis yang dapat disematkan pada slot PCI-E. Kehadiran kartu grafis Intel ini akan menjadi pesaing baru bagi AMD Radeon dan Nvidia.

Kabar proyek kartu grafis ‘Xe’ ini diungkap oleh Direktur Eksekutif Intel, Bob Swan melalui akun Twitternya. Intel mengumumkan proyek kartu grafis ‘Xe’ pada laporan keuangan terakhir, seperti diungkap oleh Wccftech.

Kartu grafis ini memiliki nama lain DG1, yang diduga sebagai akronim ‘development graphics’. DG1 Merupakan model prototype yang tengah dikembangkan oleh Intel.

Kabar ini diperkuat oleh cuitan Kepala Marketing Grafis dan Teknologi Visual Intel, Chris Hook. Ia secara sederhana hanya menulis ‘It’s alive!’, namun telah memperkuat dugaan proyek kartu grafis Intel tersebut.

Beberapa waktu sebelumnya, beberapa rumor menyebut bahwa Intel mengerjakan proyek kartu grafis tersebut dengan nama DG1 dan DG2. Mengutip Tech Radar, Intel Xe akan ditargetkan untuk pasar mainstream, yang ditargetkan meluncur pada pertengahan 2020 mendatang.

Namun, rumor ini telah dibantah oleh Raja Koduri, Kepala Arsitek Intel. Kini, dengan cuitan terbaru Chris Hook, besar dugaan bahwa proyek kartu grafis akan diundur hingga akhir 2020 mendatang. Kehadiran kartu grafis Intel tentu akan menambah persaingan antara AMD Radeon dengan Nvidia. Saat ini, keduanya merupakan pemain utama kartu grafis untuk komputer saat ini.