Karakter dan Kenikmatan Kopi Toraja

Kopi Toraja

Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari oleh semua orang. Selain memiliki rasa yang enak, namun kopi memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Saat era modern ini, telah banyak bermunculan berbagai kopi. Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen dan eksportir kopi terbesar di dunia. Indonesia memiliki berbagai macam rasa dan aroma kopi. Indonesia memiliki kopi Nusantara yang melegenda, seperti halnya kopi toraja. Kopi Toraja di Sulawesi Selatan sudah dikenal diseluruh dunia aroma dan rasanya. Daerah asal kopi ini sangat diberkahi dengan tanah yang subur, sehingga memiliki kopi yang berkualitas.

Kopi ini memiliki warna cokelat tua dan memiliki bentuk biji yang tidak beraturan, sehingga, menjadi ciri khas dari kopi ini. Kopi Toraja asli memiliki rasa yang unik yaitu memiliki rasa yang tidak terlalu pahit. Karakter khas dari kopi yang dihasilkan di daerah ini adalah body-nya yang tebal dan keasaman yang rendah. Ketika meminumnya, mulut akan mendapat sensasi rasa yang menempel di langit-langit.

Proses pulping kopi dari Sulawesi Selatan ini menggunakan metode yang termasuk semi washed, yaitu metode giling basah (wet hull). Metode semi washed memang biasanya menghasilkan karakter yang memiliki body tebal dan keasaman yang rendah.

Selain itu, flavor note yang terasa saat menyicipi rasa kopi toraja adalah beri dan rempah yang sangat kaya. Aroma didominasi oleh wangi rempah dan kayu manis. Sementara aftertaste yang terasa dari kopinya adalah rasa dark chocolate.

Rasa ini sangat disukai terutama di negara-negara di Eropa Utara seperti Denmark dan Islandia. Green bean dari Sulawesi Selatan menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia terutama ke Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat.

Karakter kopi toraja yang sangat kaya rasa membuatnya nikmat meski diseduh dengan metode apapun. Jika Anda ingin rasa yang pekat, sajikan dengan cara tubruk atau espresso. Sementara jika Anda suka rasa yang agak ringan, seduh dengan cara pour over.

Ada dua jenis kopi yang ditanam di Toraja, yaitu arabika dan robusta. Jenis arabika kebanyakan dijual sebagai green bean, sedangkan robusta diolah sebagai bahan kopi instan dan oleh-oleh khas. Rasa kopi Toraja yang nikmat membuatnya digunakan sebagai campuran house blend agar body-nya syrupy dan bold. Jika Anda mencari house blend dengan body bold, Sasame Coffee memiliki banyak pilihan untuk Anda.