Ragam Minyak Gosok dan Aroma Therapy untuk Menyembuhkan Penyakit

35

Indonesia terkenal kaya akan tanaman rempah rempah, bahkan menjadi komoditas dengan nilai jual tinggi atau mahal hingga saat ini. Rempah-rempah ini sering dimanfaatkan untuk pengobatan dan kesehatan. Bagi masyarakat Indonesia dahulu, berbagai macam rempah diolah menjadi bahan pengobatan tradisional, karena diyakini berkhasiat untuk meredakan sakit, hingga digunakan sebagai aroma therapy.

Saat ini berbagai olahan herbal yang dikemas secara modern untuk kebutuhan pengobatan dari berbagai macam penyakit. Khasiatnya yang beragam membuat olahan rempah ini sering digunakan hingga saat ini.

Ada berbagai macam produk herbal, mulai dari minyak gosok dan aroma therapy yang kini mudah untuk didapatkan dipasaran. Berikut berbagai macam jenis minyak gosok dan aroma therapy yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan penyakit :

Minyak Tawon

Minyak Tawon

Sebagian mungkin sudah familier dengan minyak yang satu ini, yaitu Minyak tawon yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Minyak tawon biasa digunakan untuk mengobati berbagai macam luka. Mulai dari luka lebam, memar, dan luka terbuka. Seperti minyak pada umumnya, ia akan memberikan efek hangat pada daerah luka serta membantunya agar cepat kering. Selain itu, minyak tawon juga menjadi andalan untuk pijat.

Namun dari namanya minyak tawon, yang aslinya tidak berasal dari tawon, akan tetapi bahannya terbuat dari minyak kelapa, kayu putih, daun lada, bawang, jahe, dan kunyit, yang membuat aroma minyak gosok ini kuat dan menyengat.

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih dibuat dari hasil olahan daun dan ranting pohon kayu putih. Minyak kayu putih ini berasal dari Ambon tepatnya dikepulauan Namlea Maluku. Minyak ini diyakini memiliki banyak khasiat. Di antaranya meredakan sakit perut, pusing atau sakit kepala, melegakan pernapasan, hingga meredakan kram otot. Bahkan ada sebagian orang yang mencampurkan minyak ini sebagai minuman herbal.

Minyak kayu putih sendiri merupakan bahan yang sering dijadikan campuran minyak herbal lainnya, seperti minyak telon sehingga aman digunakan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, semua bisa menggunakannya.

Minyak Telon

Minyak Telon

Minyak telon ini biasanya diperuntukkan untuk anak-anak dan balita. Minyak telon berasal dari Jawa Tengah terbuat dari campuran minyak kayu putih, adas, dan kelapa, atau minyak zaitun atau lavender. Aroma yang sangat khas sehingga biasa digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi, terutama saat setelah mandi. Biasanya para ibu memilih minyak ini karena sifatnya yang lebih ringan daripada minyak kayu putih. Tidak hanya menghangatkan tubuh, minyak telon biasa digunakan untuk meredakan batuk, pilek, dan hidung tersumbat. Minyak ini juga bisa membantu mengatasi perut kembung, meredakan nyeri, dan melindungi si kecil dari gigitan nyamuk. Kandungan minyak kelapa di dalamnya juga bisa membantu melembapkan kulit bayi.

Minyak Kemiri

Minyak kemiri

Minyak kemiri diyakini dapat menyuburkan rambut dan mengencangkan kulit. Minyak ini mengandung vitamin B6, vitamin E, thiamin, linoleat, dan linolenat. Selain itu, khasiat lain dari minyak kemiri dapat mengobati berbagai macam penyakit, misalnya seriawan, ambeien, gatal karena gigitan serangga, demam, bisul, pegal linu, hingga diare.

Minyak Aromateraphy

Minyak Aromateraphy Haramayn

Ada banyak saat ini produk Minyak Aromateraphy yang beredar dipasaran, salah satunya yang lagi tren adalah Minyak Haramayn. Minyak Aromateraphy ini berasal dari Sulawesi Selatan yang memiliki segudang manfaat. Minyak Haramayn ini, mengandung bahan alami herbal, diantaranya, minyak zaitun, habbatussauda, minyak bidara, dan
kelapa. Minyak ini digunakan sebagai terapi untuk menjaga kesehatan, diantaranya untuk Pengobatan Luar, mengobati Stroke Ringan Dan Berat, mengobati Luka Diabetes, Asam Urat, Sakit Lutut atau Persendian, sakit Gigi, Maag, perut Kembung, sakit Kepala, Pusing, Demam, Flu dan Batuk, dan Asma atau Sesak Nafas.

Selain itu, keunggulan dari minyak aromateraphy ini, sebagai minyak rukyah yang diyakini dapat mencegah gangguan Jin dan Sihir. Bagaimana Anda berminat untuk mencobanya ?