Jangan asal Catok Rambut, biar tidak bikin Rambut Rusak

76

Setiap wanita pasti menginginkan rambut yang indah, rapi, dan berkilau. Mereka pun kerap melakukan banyak cara untuk membuat mahkotanya semakin menarik. Beberapa orang akhirnya memilih untuk mencatok, mengeriting, atau bahkan blow rambutnya. Sayangnya, sering menggunakan alat penata rambut dengan suhu tinggi atau sangat panas malah berpotensi membuat rambut menjadi kering, rapuh dan rusak.

Nah, agar hal ini tidak terjadi, dilansir dari Timesofindia, ada lima tips yang perlu Anda perhatikan saat menata rambut.

Sesuaikan suhu catokan dengan rambut.

Tanpa sadar catokan yang Anda pakai dapat berakibat fatal dan merusak rambut Anda jika suhunya terlalu panas. Meskipun ada banyak catokan atau pengering rambut (hairdrayer), yang banyak tersedia di pasaran dengan harga ramah kantong sebaiknya Anda pertimbangkan lagi untuk membeli catokan dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Pilihlah catokan yang terbuat dari piring keramik, ini penting karena akan membantu mengurangi kerusakan pada rambut Anda dibandingkan catokan yang terbuat dari baja yang akan merusak rambut dari pangkal. Tak hanya itu, Anda juga harus memilih catokan yang mempunyai pengaturan suhu, agar bisa di atur sesuai kebutuhan rambut Anda.

Gunakan serum atau vitamin pada rambut

Sebelum memakai catokan atau pengering rambut, Anda harus memberikannya perlindungan lebih dulu. Oleskan atau menyemprot serum pada rambut membantu menghalangi terjadinya kerusakan dan menjaga rambut agar tetap sehat. Tak hanya sehat, rambut Anda akan semakin berkilau jika Anda melakukannya secara teratur. Tak hanya sehat, rambut Anda akan semakin berkilau jika Anda melakukannya secara teratur.

Jangan mencatok rambut berulang kali di bagian yang sama

Banyak wanita yang cenderung mencatok rambut berkali-kali pada satu bagian rambut yang sama. Namun, tanpa di sadari, hal itulah yang membuat rambut cepat rusak. Cobalah untuk lakukan hanya dengan satu gerakan pada satu bagian rambut. Hasilnya akan jauh lebih baik dan terhindar dari kerusakan rambut. Hasilnya akan jauh lebih baik dan terhindar dari kerusakan rambut.

Melakukan perawatan rambut secara teratur

Mengingat rambut Anda sering ditata menggunakan catokan, wajar saja jika akan ada kerusakan. Sebulan sekali Anda harus rutin melakukan spa rambut di salon favorit Anda, gunakan masker kusus rambut agar membantu memperbaiki rambut Anda dari pangkal. Ini aka membuat rambut lebih lembut dan sehat.

Biarkan sesekali alami tanpa catokan

Sesekali Anda harus mencoba gaya rambut tanpa alat catok atau pengering rambut. Hindari menggunakan pengering rambut setiap kali Anda mencuci rambut. Biarkan rambut Anda mengering secara alami agar tetap sehat.

Semoga bermanfaat.