Ingin Tulang Kuat, Hindari 3 Makanan ini

206

Seiring usia bertambah, tubuh pun mengalami perubahan, termasuk tulang. Jika Anda ingin memiliki tulang yang kuat, maka perlu perawatan dan mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin. Memiliki tulang yang padat dan kuat dapat membuat Anda tetap aktif meski sudah memasuki usia senja.

Oleh karena itu menjaga kesehatan tulang penting dilakukan. Untuk mendapatkan tulang yang padat dan kuat, tentunya Anda harus mengonsumsi vitamin serta makanan bergizi lainnya. Selain itu, Anda juga harus mengindari makanan berikut ini.

1. Makanan asin
Makanan dengan kandungan natrium tinggi dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan juga tidak baik untuk tulang Anda. Sodium memengaruhi jumlah keseimbangan kalsium dalam tubuh dengan meningkatkan ekskresinya. Oleh karena itu penderita tekanan darah tinggi sebaiknya tak makan yang asin-asin seperti ikan asin. Pastikan Anda makan garam dalam jumlah sedang dan jangan menaburkan garam tambahan di atas makanan Anda.

2. Kafein
Anda mungkin merasa berenergi setelah minum kafein, tetapi perasaan itu hilang setelah beberapa saat. Telah ditemukan bahwa orang yang minum lebih dari 300 miligram kopi setiap hari menderita pengeroposan tulang.

3. Minuman bersoda
Tinggi gula dan fosfor, minuman bersoda dapat membahayakan gigi dan tulang Anda. Cobalah untuk menjauh darinya sebanyak mungkin. Pada 2006, minuman berkarbonasi, dikaitkan dengan kepadatan tulang yang rendah pada wanita yang lebih tua.