HP Perkenalkan Pavilion Gaming 15 dengan AMD Ryzen Mobile

93

Semakin berkembangnya teknologi semakin banyak game-game terbaru yang dirilis dan banyak para gamers saat ini memilih laptop sebagai senjata utamanya. Kabar terbaru dari HP, yang belum lama ini mengumumkan kehadiran Pavilion Gaming 15 yang ditenagai Ryzen Mobile dari AMD di Indonesia.

SoC yang dimanfaatkan HP Pavilion Gaming 15 itu adalah AMD Ryzen Mobile Generasi ke-2. AMD memang kembali bisa bersaing dengan Intel perihal kinerja berkat Ryzen. Bahkan, AMD Ryzen generasi terbaru yang menggunakan arsitektur AMD Zen 2, IPC (instructions per cycle)-nya bisa dibilang sudah tidak tertinggal dari Intel. Meski AMD Ryzen Mobile Generasi ke-2 masih berbasiskan Zen+ belum Zen 2, kinerja yang ditawarkannya tetaplah baik.

Kehadiran Pavilion Gaming 15 dengan AMD Ryzen Mobile ini menjawab keinginan dari sejumlah gamer dan melengkapi jajaran notebook gaming yang ditawarkan HP.

“HP menerima masukan dari para gamer, baik yang profesional maupun amatir, untuk memberikan pengalaman bermain game yang seutuhnya. Kami memahami bahwa para gamer saat ini menginginkan laptop gaming yang tidak hanya mobile tetapi juga serbaguna. HP Pavilion Gaming 15 terbaru ini memungkinkan gamer bekerja dan bermain secara bersamaan tanpa mengorbangkan produktivitas,” ujar Hansen Wijaya (Indonesia Consumer Systems Category Lead, HP Inc).

“Untuk memenuhi kebutuhan para gamer, kami bersama dengan HP menghadirkan prosesor AMD Ryzen Mobile generasi kedua untuk HP Pavilion Gaming 15. Prosesor mobile terbaru kami menawarkan pengalaman performa terbaik dalam bermain game dan bekerja secara bersamaan bagi para pengguna,” sebut Perter Chambers (Asia Pacific Managing Director, AMD). “Baik itu mengerjakan tugas multimedia atau bermain game AAA, laptop ini memungkinkan gamer, desainer, dan pelajar melakukan berbagai hal di mana pun mereka berada,” tegasnya lagi.

Terdapat dua pilihan AMD Ryzen Mobile Generasi ke-2 di HP Pavilion Gaming 15 yang baru diluncurkan tersebut. Pilihan itu adalah AMD Ryzen 7 3750H dan dan AMD Ryzen 5 3550H. Keduanya merupakan SoC dengan CPU 4 core dan 8 thread. Perbedaannya terletak pada frekuensi kerja alias clock. AMD Ryzen 7 3750H memiliki frekuensi kerja lebih tinggi dengan base clock 2,3 GHz dan boost clock maksimal 4 GHz, sedangkan AMD Ryzen 5 3550H memiliki base clock 2,1 GHz dan boost clock maksimal 3,7 GHz. Perbedaan lain juga terdapat pada GPU yang terintegrasi di SoC. AMD Ryzen 7 3750H memiliki GPU dengan 10 core, sedangkan AMD Ryzen 5 3550H memiliki GPU dengan 8 core. Namun, berhubung ditujukan untuk bermain gim, HP Pavilion Gaming 15 baru ini dilengkapi pula dengan kartu grafis tambahan. Opsi kartu grafis tambahan yang ditawarkan adalah NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti with Max-Q Design 6 GB GDDR6, NVIDIA GeForce GTX 1650 4 GB GDDR5, dan NVIDIA GeForce GTX 1050 3 GB GDDR5.

Sementara, untuk memorinya, HP Pavilion Gaming 15 dengan AMD Ryzen Mobile Generasi ke-2 menyediakan dua slot memori utama yang mendukung memori utama secara total sampai 16 GB DDR4, serta media simpan SSD PCI-Express 256 GB yang bisa ditingkatkan menjadi 1 TB. Terdapat juga opsi untuk menambahkan HDD 1 TB. Adapun untuk I/O-nya telah tersedia I/O yang menjadi standar masa kini seperti USB 3.1 Gen 1 Standard-A, USB 3.1 Gen 1 Type-C, HDMI 2.0, Wi-Fi 5, dan Bluetooth 5.0. Sistem operasinya sendiri menggunakan Windows 10 Home.

Sesuai namanya, HP Pavilion Gaming 15 menggunakan layar berukuran 15,6 inci. Panel yang digunakan oleh HP Pavilion Gaming 15 dengan AMD Ryzen Mobile Generasi ke-2 adalah IPS yang memiliki resolusi 1.920 x 1.080 piksel. Menemani layar tersebut, HP menyertakan speaker dari B&O dan HP Audio Boost. Adapun dimensinya sebesar 36 x 25,7 x 23,5 cm dan bobotnya mulai dari 2,25 kg.

HP Pavilion Gaming 15 dengan AMD Ryzen Mobile Generasi ke-2 ditawarkan di Indonesia dengan harga mulai dari RP9.999.000.(*)