Habis Rayakan Malam Tahun Baru, Lakukan Hal ini agar tetap Sehat dan Fit

184

Moment perayaan tahun baru, biasanya menjadi pilihan dari sebagian banyak orang untuk berpesta dan bersenang-senang bersama teman-teman, pasangan, ataupun sanak-keluarga.

Keriuhan berpesta di malam tahun baru ini, akhirnya menjadikan kita tidak terhindarkan dari kondisi begadang hingga larut malam. Nah, tidak mau kan bangun di hari dan tahun yang baru tapi tubuh sudah lemas dan tidak fit hanya karena begadang berpesta di malam tahun baru?

Dihimpun dari berbagai sumber, di bawah ini cara untuk tetap sehat dan bugar setelah begadang semalaman berpesta tahun baru.

Sempatkan olahraga ringan

Olahraga yang dimaksud di sini tentunya bukanlah olahraga lari sesaat setelah makan malam , karena hal ini malah bisa membuat dampak negatif bagi pencernaan. Olahraga di sini maksudnya adalah menyempatkan olahraga sebelumnya dan sesudahnya, jika sudah tahu ada jadwal agenda pesta tahun baru yang harus dihadiri sebaiknya sempatkan waktu untuk berolahraga di dua hari sebelum dan tiga hari sesudah pesta. Anda akan merasakan sendiri, bagaimana efeknya terasa di tubuh. Dengan cara ini, maka racun-racun yang terkumpul dalam tubuh bisa dihilangkan lebih mudah dalam kurun waktu yang lebih singkat pula.

Tidur nyenyak dan cukup

Tubuh akan melakukan proses peremajaan sendiri otomatis ketika kita sedang tidur, dan di waktu inilah maka proses untuk mencerna serta menyingkirkan racun yang terakumulasi karena berpesta. Setelah semalaman begadang berpesta, sebaiknya di hari berikutnya Anda tidur lebih awal sehingga tubuh bisa mendapatkan sesi istirahat yang pantas didapatkan. Hindari mengonsumsi stimulan seperti kopi, alkohol, dan tembakau sebelum berangkat tidur.

Banyak minum air

Begitu usai berpesta semalaman biasanya tubuh akan dehidrasi karena konsumsi minuman beralkohol dan terlalu banyak makan makanan junk food yang tidak sehat. Setelah sampai di rumah disarankan untuk segera meng-hidrasi tubuh dengan air mineral, dan kudapan seperti buah pisang sebelum berangkat tidur.

Pisang dengan kandungan potassium yang tinggi, dapat membantu sebagai penangkal rasa kembung yang biasanya datang karena mengonsumsi minuman serta makanan asin. Untuk air mineral, usahakanlah untuk menenggak air mineral sepanjang hari setidaknya hingga 1,5 liter.

Detoks

Selama tidak minum-minuman beralkohol hingga titik membuat diri tidak sadar alias pingsan, pada dasarnya tubuh akan melakukan proses detoksifikasi sendiri. Akan tetapi ada baiknya, untuk membantu sistem tubuh dan agar tubuh merasa baikan lebih cepat, disarankan untuk mempunyai rencana setelah pesta yakni dengan memiliki stok makanan sehat di kulkas, sehingga begitu terbangun keesokan harinya setelah berpesta, Anda tidak perlu mengonsumsi makan siang yang berminyak jauh dari kata sehat.

Untuk detoksifikasi, cobalah buat smoothie dengan bahan-bahan 101 gram seledri, 450 gram nanas segar, 1 sendok makan mint segar, 1 buah kiwi, air perasan dari 1 buah jeruk limau, dan 236 ml air kelapa. Seledri dan nanas keduanya memiliki efek diuretik alami sehingga dapat mengurangi gembung. Sedangkan air kelapa membantu mengembalikan elektrolit pasca pesta, sementara kiwi kaya akan vitamin C sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih sehat dan terasa bugar walau setelah berpesta.

Hirup udara segar

Cobalah untuk menghirup udara segar untuk me-recharge tubuh dengan vitamin D, dengan berjalan kaki santai bersama keluarga di waktu hari cerah (di antara tengah hari dan pukul dua siang). Berjalan kaki sembari menikmati udara bebas disebutkan akan membuat tubuh relaks dan bekerja dengan lancar. Di musim seperti sekarang, biasanya sinar matahari di siang hari tidak terlalu terik jadi acara jalan kaki ringan ini tentunya tidak menyiksa kan?