Downgrade iOS agar tak Kehilangan Data

72

Sebelum melakukan pembaruan sistem operasi pada smartphone sebaiknya periksa dulu spek smartphone Anda, apakah sesuai dengan smartphone Anda sekarang dengan sistem operasinya. Melakukan pembaruan pada sistem operasi iOS tidak melulu membuat perangkat berjalan lebih mulus, terutama untuk perangkat-perangkat yang sudah dianggap jadul.

Namun jika sudah terlanjur mengupgrade sistem operasi iOS tapi tidak berjalan mulus atau tidak sesuai dengan harapan Anda, terlebih bagi pengguna yang lebih terbiasa dengan sistem operasi iOS versi sebelumnya, ketimbang yang baru. Sebenarnya Anda bisa men-downgrade iOS atau mengembalikan ke versi sebelumnya, namun risikonya Anda akan kehilangan seluruh data di iPhone.

Tapi Anda tak perlu khawatir, Anda terlebih dahulu bisa memindahkan data di iPhone ke iCloud sehingga akan menjadi data cadangan.

Berikut cara yang bisa Anda ikuti agar tak kehilangan data.

1. Sebelum mulai downgrade iOS, Anda bisa mengunduh iOS versi sebelumnya melalui situs https://ipsw.me/product/iPhone.

2. Anda perlu mematikan fitur “Find my iPhone” yang bisa di nonaktifkan melalui Settings -> (Namamu) -> Find my -> Find my iPhone -> geser untuk menonaktifkannya.

3. Untuk memasang sistem operasi versi sebelumnya, Anda juga harus mengubah perangkat Anda ke modus Recovery.

4. Setelah itu, sambungkan perangkat ke komputer lalu lakukan sinkronisasi (Sync) serta buka aplikasi iTunes.

5. Pada aplikasi iTunes, pilih ikon iPhone yang berada di bagian kiri atas.

6. Tekan tombol Option (Mac) atau Shift (PC) lalu pilih “Restore iPhone”.

7. Nantinya akan muncul jendela yang Anda harus navigasikan guna memilih berkas iOS yang telah Anda unduh di cara pertama.

8. Pilih “Restore” di iTunes, lalu ikuti petunjuk yang muncul di layar.

9. Setelah perangkat Anda restart berkali-kali dan menyelesaikan downgrade-nya, maka langkah akhir yang harus Anda lakukan adalah mengembalikan data-datamu dari iCloud.

Selamat mencoba.