Dinas PUPR Luwu Gelar Ekspose Hasil Finalisasi Dokumen Andal

17
Dinas PUPR Luwu Gelar Ekspose Hasil Finalisasi Dokumen Andal

BERANDANEWS – Luwu, Bertempat di ruang rapat kadis PUPR Luwu, Kelurahan Sabe, Kec. Belopa Utara, pihak Pusat Unggulan Teknologi dari Fakultas Teknik Unhas selaku konsultan penyusun dokumen Analisa Dampak Lingkungan (ANDAL) rencana peningkatan jalan Ruas Bajo-Rante Balla melakukan ekspose hasil finalisasi.

Dihadapan Kadis PUPR dan sejumlah Kabid, konsultan yang di wakili salah satu tenaga ahlinya, Ir. H. L. Mas’ud Khola, ST, MT memaparkan bagaimana dokumen Andal ini berproses hingga sampai pada tahap rekomendasi.

Menurutnya, proses Andal untuk pekerjaan peningkatan jalan yang bersumber dari hibah pemerintah daerah ini sudah selesai sejak keluarnya rekomendasi dari Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Sulawesi Selatan

Dirinya mengakui, proses tahapan demi tahapan dalam penyusunan dokumen membutuhkan waktu yang lama karena melibatkan banyak pakar.

Untuk pengelolaan dampak sendiri, alumni Teknik Geologi Unhas ini menyebut tiga instrument pendekatan yang harus di lakukan.

“Pertama adalah pendekatan teknologi yaitu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada”, ucapnya.

Instrumen kedua adalah pendekatan sosial ekonomi dan budaya dengan menanggulangi dampak negative dan memanfaatkan dampak positif.

Sedangkan instrument ketiga melalui pendekatan institusional dengan menjalin kerjasama dan berkordinasi dengan stakeholder yang ada.

Sementara, Kadis PUPR Luwu, Ir. Ikhsan Asaad, ST, MT, CCMS yang di dampingi Sekdis, Ir.Usdin Iskandar, ST, MT mengatakan jika pemaparan hasil finalisasi dokumen Amdal ini untuk memberikan arahan dan penjelasan yang lebih detail terkait kewajiban pihak pelaksana dilapangan.

“Agar pelaksanaan pekerjaan nantinya tetap sejalan dengan rekomendasi Amdal dan apa yang tertuang dalam dokumen agar tidak terjadi hal-hal yang melanggar di lapangan, ucap kadis Ikhsan, Kamis (24/11).

Ekspose finalisasi Amdal ini selain di hadiri Konsultan dari Center of Technology Unhas, juga turut hadir sejumlah rekanan yang terlibat dalam kegiatan yang bersumber dari anggaran hibah pemerintah daerah kabupaten Luwu tahun 2022 melalui dinas PUPR.(*)